27 April 2014

Substitusi Kopling Skywave Dengan Kopling Hayate, Tinggal PNP ajah!

Yap akhirnya kesampean juga ngeganti parts selanjutnya dari PR yang sudah di list beberapa waktu lalu, adalah Kopling set (Kampas,Mangkok,Per CVT) yang menjadi PR terbesar ke dua yang harus ane selesain jika ingin performa si SKY menjadi lebih oke lagi dari yang sudah banyak ane lakukan. Kali ini ane mencoba untuk mengganti kopling set skywave dengan barang substisusi sodara kandungnya yang tak lain adalah Hayate, mengapa hayate?? yap perlu di ketahui jika Skywave dan Hayate berasal dari 1 gen yang sama alias untuk urusan mesin hingga beberapa parts jeroan bisa dibilang tinggal PNP ajah, tetapi yang membedakan adalah beberapa parts yang ada pada hayate adalah parts penyempurnaan dari Skywave. 


25 April 2014

(Share) Service Besar Suzuki Skywave Di Beres Suzuki, Part 2


Tepat pada hari sabtu akhirnya ane dateng lagi ke beres Sunter, bertemu langsung dengan agus dan berkonsultasi dengan dia sejenak, dia menjelaskan beberapa parts Skywave yang sudah harus en wajib diganti beberapanya adalah :

1.       Blok Seher
2.       Seher
3.       Ring Seher
4.       Paking Set
5.       Karet Seal Blok Head
6.       Cam Decompresion Set
7.       Tali Gas
8.       Karburator
9.       Kopling Set

23 April 2014

(Share) Service Besar Suzuki Skywave Di Beres Suzuki

Well Alhamdullilah akhirnya beres juga ngeBuild ulang performa si Skywave beberapa minggu yang lalu, storynya cukup panjang en berbelit broh, mulai dari hunting parts di Kebon Jeruk hingga Suzuki Millenium bekasi, oke ane cerita dulu deh kronologinya. Beberapa minggu lalu ane berniat service besar di Suzuki sunter, tepatnya pada hari sabtu..ane lupa tanggalnya kapan broh yang jelas itu hari sabtu, sialnya pada hari itu Beres Sunter tidak menerima servis besar untuk segala jenis motor! Inilah yang membuat ane kecewa sebenarnya, berbeda sekali pelayannannya dengan beres Saharjo dulu, dimana kita bisa melakukan Servis besar pada hari Senin-Sabtu. Yawdalah dari pada niy motor kgk dapet perawatan sama sekali finally ane memilih servis rutin sementara, meskipun ane tau ini motor kelak bakal banyak penyakitnya.


4 April 2014

Walaaah, Bengkel Suzuki Saharjo Di Tutup!!

*Late Post

Well sebenernya 2 minggu yang lalu ane memang berniat ke salah satu beres Suzuki di bilangan daerah tebet,yakni Bengkel Suzuki saharjo buad ngelakonin service besar buad si Skywave yang baru ane boyong beberapa mggu silam. Tapi apa daya, betapa terkejutnya ane ketika sampai disana, weleh jangankan dapet antrian paling pagi yang ada ane malah bingung ini bengkel koq dah jam setengah 7 aja gerbang kagak di buka sama sekali..geleng-geleng sejenak. Beberapa menit kemudian ada seorang sekuriti yang menghampiri sembari berkata “Dah tutup Mas, dah Pindah ke daerah Klender”..nah lho maksudnya apa?? Ane sendiri belum mudeng pas dengar penuturan sekuriti tadi..lalu sang sekuriti  berkata sembari menunjuk kearah pagar bengkel yang menghadap ke jalan raya tersebut..”Tuh Mas baca aja”..dan berikut isinya :


Selanjutnya bisa ditebak ane kaget bukan kepalang! Serasa bingung, kecewa plus kesal…ane kecewa karena Suzuki benar-benar seperti sudah kehabisan amunisi alias modal hingga sampai-sampai bengkel sebesar saharjo yang notabenenya termasuk ke dalam grup beres bintang 5 harus tutup secara mengejutkan, yang lebih bikin ane bingung padahal ini beres termasuk kedalam beres Suzuki yang paling rame,cukup bagus dan professional pelayanannya. Dan sisanya ane sendiri kesel, serasa muak dalem ati mengingat ane udah langganan di bengkel ini semenjak 8 tahun silam sejak nyemplak Satria FU pertama kali dan hingga sekarang.

26 March 2014

Next Project, Ngebuild Ulang Suzuki Skywave Lansiran 2008

Yap Akhirnya dapet juga tu barang, yo apa lagi kalo bukan si metik “elegan” Suzuki Skywave…pasti bingung kenapa ane bilang ini metik elegan?bagi ane metik ini emang bisa dibilang keren pada masanya beberapa tahun silam.Walau di zaman sekarang competitor seperti vartech 125 Fi pun ane bilang blom bisa menyami keEleganan metik cucuki yang satu ini, mahfum saja karena vartech sendiri terlalu banyak mengadopsi sudut body menajam dan cenderung kaku..maka bisa dibilang vartech lebih kearah modern ketimbang elegan, yah sah-sah aja toh namanya juga selera tentunya punya penilaian masing-masing..ya gak broh??hehehhe


Oke lanjut, jujur ini motor ane dapet dalem kondisi seken alias bekas..yaiyalah hari gini mana ada skywave baru terkecuali barang BNOB yang bisa dibilang langka banget stoknya! So dari pada pusing yawdlah cari sekenan yang penting msh berbentuk en layak pake. Tadinya ane mo cari yang taon masih rada muda broh, ya kisaran 2010-2011 deh,..tapi apa daya karena barang taon muda nya sendiri sangat susah di dapat terlebih dalam kondisi kilometer rendah, jadine yasud terima nasip aja. Jadinya alkisah ane ngedapetin niy barang dari pacarnya kk ane, yang bikin ane heran timingnya tuh pas banget, lagi nyari skywave eh kebetulan di tawarin pula pada hari yang sama..dalam hitungan jam aja si kuda besi sudah di tangan :D. Suzuki Skywave yang ane dapetin ini lansiran taon 2008 broh, warna biru hitam dengan kondisi pajak telat 1 tahun namun surat-surat masih di pegang oleh si tangan pertama, jadi agak tenang deh soal papernya..Lalu gimana kondisinya??

25 March 2014

Dan Velg Jari-Jari Tubelessnya Gembos Juga Broh!

Well pagi ini ane mulai dari keluar rumah hingga berjalan beberapa kilo gak ada yang terasa aneh pada tunggangan ane saat tadi, tapi barulah ketika baru memasuki jalan menanjak tepatnya di flyover stasiun tebet, terdengar suara berdesis yang cukup mengagetkan telinga ane dan bini ane..ya iyalah wong bunyinya mirip ban gembos tertancap paku! Saat itu ane ngerasa gak ada yang salah dengan bunyi tadi karena si bebex masih tetap anteng di kendarai, wong ane pikir sepertinya kendaraan sebelah ane (mobil) tadi yang mengalami gejala ban gembos. Tapi bini masih khawatir bro, dia ngerasa bunyi tersebut berasal dari ban belakang ane. Okelah selesai turun dari flyover tebet, ane belok kearah warteg warmo, nah tepat di perempatan lampu merah ini lah ban belakang ane gembos total seketika.

Widih seketika ntu juga handling blakang terasa ngaco geal geol ke kiri dan kekanan, ane berenti dan mencek kondisi ban belakang.. Dan ternyata benar aja feeling bini ane, ban ane kempes abis broh..sampe-sampe lekukan ban luarnya mblesek kedalam velg, haiiish….Ane untungnya berenti pas tepat di depan bengkel motor di daerah perempatan lamer warmo..jadilah dadakan ke bengkel motor pagi ini buad ganti ban dalem. Setelah cek sana sini ternyata penyebabnya adalah karet manset/pelapis tubelessnya yang bermasalah., hipotesis ane sementara karena akibat tekanan ban yang berkurang / agak kempes yang membuat lapisan manset ambles ke dalam permukaan bibir velg, jadi seketikan itu juga bunyi berdesis yang ane dengar pada saat flyover kemungkinan besar di sebabkan oleh masalah tadi.