27 April 2014

Substitusi Kopling Skywave Dengan Kopling Hayate, Tinggal PNP ajah!

Yap akhirnya kesampean juga ngeganti parts selanjutnya dari PR yang sudah di list beberapa waktu lalu, adalah Kopling set (Kampas,Mangkok,Per CVT) yang menjadi PR terbesar ke dua yang harus ane selesain jika ingin performa si SKY menjadi lebih oke lagi dari yang sudah banyak ane lakukan. Kali ini ane mencoba untuk mengganti kopling set skywave dengan barang substisusi sodara kandungnya yang tak lain adalah Hayate, mengapa hayate?? yap perlu di ketahui jika Skywave dan Hayate berasal dari 1 gen yang sama alias untuk urusan mesin hingga beberapa parts jeroan bisa dibilang tinggal PNP ajah, tetapi yang membedakan adalah beberapa parts yang ada pada hayate adalah parts penyempurnaan dari Skywave. 


Lagi pula setelah ane usut lebih lanjut di beberapa blog owner skywave, banyak yang menyarankan untuk menggunakan parts kopling set hayate  untuk di adaptasi dengan kopling skywave, alasannya cukup simple ya karena kampas kopling hayate jauh lebih panjang dan awet, mangkok kopling yang lebih halus dan banyak celah, serta per material per CVT yang lebih baik meskipun dari spekny sama saja tak ada yang berubah. Gayung pun bersambut, setelah mencari informasi sana sini mengenai kampas si Yate, akhinya ane menemukan seorang owner Skywave yang ingin menjual kopling set bekasnya dengan kondisi yang masih sangat layak pakai, tentunya keuntungan yang ane dapat harganya pun jauh lebih murah jika di bandingkan ane kopling set baru seharga 475ribu...karena memang bisa dibilang untuk membangun motor ini dari awal ane sudah habis cukup banyak uang :( , jadine yasudahlah pake parts yang masih layak pake aj dulu..secara bini bulan ini dah masuk masa untuk persalinan..jadi kebutuhan ane gak cuma buat motor ajah kudu mikirin si baby.,.hehhehe

Oke lanjut, setelah COD dengan si seller..keesokan harinya ane langsung ngacir ke bengkel terdekat..proses pasangnya sendiri cukup riweh broh..tau sendiri jika box filter Skywave itu posisinya berada di luar dengan posisi tepat di atas rumah CVT..jadi bisa dibilang si montirnya kudu ngebongkar box filter nya dahulu..hedeuh padahal kondisi box filternya sendiri udah gaswat di karenakan dudukannya patah..yasudlah pasrah aja dulu..after sejam lebih ane tunggu akhirnya motor kelar juga di pasang kopling kit hayate..setelah selesai, ane bayar, langsung kontak on dan Jreeeeeeng..Impresi pertama tarikannya memang berasa kek motor baru, benar-benar teringat akan karakter tarikan dari Suzuki Nex ane dulu..wah mantab dah brasa kek motor baru turun dari diler.



Dan selanjutnya tinggal beberapa sisa PR yang kudu ane kerjain, mau gak mau keknya kedepannya kudu lebi santai en sabar di karenakan persalinan bini semakin dekat broh..yasudlah pelan pelan aja yang penting sekarang si SKY udah bisa di pake buad operasional sehari-hari.

No comments:

Post a Comment