Modifikasi Satria FU - Well gak terasa akhirnya udah kurang
lebih 2 bulan ane ngerasain bagaimana pengalaman sesungguhnya menggunakan Velg
Jari-Jari pada motor Satria FU, cuma mo share pengalaman dikid siy sama
agan-agan sekalian, siapa tahu info berikut bakal berguna bagi siapa aja yang
mau me modifikasi velg jari-jari satria FU agar lebih aman tapi tetap gaya. Oke
ada beberapa hal yang mau ane share disini, terutama efek dari yang namanya
menggunakan velg jari-jari pertama :
- Performa
Dari sisi ini jelas penggunaan
velg jari-jari harusnya bisa memberikan impact tersendiri terhadap torsi dan
bobot si FU, terutama jika menggunakan velg jari-jari dengan ban cacing sebagai
lapisan akhir yang menyentuh ke aspal di jamin si bebex bakal melesat kencang...
Tapi sayangnya kali ini ane gak menggunakan aliran ban cacing seperti ntu
broth, spek jari jari ane sendiri lebih ke arah spek touring..menggunakan Velg
Cham berukurang 2.5 & 3 Inch yang di kombiasiin dengan ban Corsa S123 90/70
& 100/70,..bisa dibilang performa si bebex terasa kedodoran.
Penyebab nya jelas karena bobot kaki-kaki yang bertambah, terlebih lagi ane mengadopsi teknik Tubeless untuk memaksimalkan profil siy ban di tambah ane menggunakan Box motor juga lho..kalao lagi full loaded bisa nambah sekitar 4kilo buad isi Box Aja, maka klop sudah klo beban yang di dapat jauh lebih berat dan kerap muncul suara KEMEROSAKK ketika berada di gear 1-3..tetapi tenang saja broth karena cukup mengganti mata gir belakang naik 1 step hal tersebut sudah dapat di atasi..dan jangan lupa wajib gunakan bensin minimal Oktan 93 agar tarikan bawah tetap enteng!
Penyebab nya jelas karena bobot kaki-kaki yang bertambah, terlebih lagi ane mengadopsi teknik Tubeless untuk memaksimalkan profil siy ban di tambah ane menggunakan Box motor juga lho..kalao lagi full loaded bisa nambah sekitar 4kilo buad isi Box Aja, maka klop sudah klo beban yang di dapat jauh lebih berat dan kerap muncul suara KEMEROSAKK ketika berada di gear 1-3..tetapi tenang saja broth karena cukup mengganti mata gir belakang naik 1 step hal tersebut sudah dapat di atasi..dan jangan lupa wajib gunakan bensin minimal Oktan 93 agar tarikan bawah tetap enteng!
- Handling
Karena menggunakan Profil velg
tapak lebar plus Ban gambot, otomatis handling pun jadi meningkat, buad
ngerebah lebih PeDe, buad ngenceng pun gak ada yang namanya gejala limbung, hal
ini pasti akan berbeda jauh apabila ente ngeGunain profil velg kcil plus ban
tipis, handling di jamin melorot drastis, stabilitas pun berkurang, karena ane
udah ngerasain sendiri ketika velg racing ane di jadiin kelinci percobaan ban
cacing...
Sayang velg Champ yang ane gunain rasanya kurang sempurna broth, di karenakan ada gejala Speleng or cacat bawaan..jadi nya ketika putaran roda sedang anteng di kecepatan 60-70kpj bakal terasa gejala stang getar plus goyang, hal ini di tambah lagi dengan penggunaan tromol variasi yang bisa dibilang dari sisi kualitas dan kepresisiannya kurang baik, jadi posisi Bosh roda bagian dalam kerap kali bermasalah meskipun ane udah ubah berulang kali buad mencari komposisi yang sesuai, tetapi tetap saja bermasalah...mungkin solusinya ente bisa menggunakan tromol bawaan pabrik aja dah, gunain tromol depan Smash or Shogun, dan velg yang mempunyai kualitas wahid seperti TK,TDR,atau Baros itu lebih baik kayaknya broth!
Sayang velg Champ yang ane gunain rasanya kurang sempurna broth, di karenakan ada gejala Speleng or cacat bawaan..jadi nya ketika putaran roda sedang anteng di kecepatan 60-70kpj bakal terasa gejala stang getar plus goyang, hal ini di tambah lagi dengan penggunaan tromol variasi yang bisa dibilang dari sisi kualitas dan kepresisiannya kurang baik, jadi posisi Bosh roda bagian dalam kerap kali bermasalah meskipun ane udah ubah berulang kali buad mencari komposisi yang sesuai, tetapi tetap saja bermasalah...mungkin solusinya ente bisa menggunakan tromol bawaan pabrik aja dah, gunain tromol depan Smash or Shogun, dan velg yang mempunyai kualitas wahid seperti TK,TDR,atau Baros itu lebih baik kayaknya broth!
- Realibility
Ane pakai ini motor buad harian,
buad nganter bini, nganter barang, dll...jadi soal ketahanan dan fungsi
tentunya menjadi pertimbangan paling awal sebelum ane memodif kaki kaki si
bebex..Oke karena 2 point di atas sudah cukup jelas, ane bisa bilang dari sisi
realibilitynya cukup baik, sejauh ini ane blom menemukan kendala seperti ban
bocor alus, system Tubeless yang bocor, Ban bunting, Dll..yang penting
sering-sering cek kondisi angin pada Ban dan terapkan penyetelan rantai yang
sesuai..Thats it
- Style
Bisa dibilang pakem yang ane anut
merubah paradigma sebagian kalangan bahwa FU ntu motor alay, ketika di lampu
merah atau ketika berhenti, banyak orang yang melihat dan heran..bahkan gak
sedikit yang bertanya.."ini habis berapa semua?","bagi resep
ukurannya bro","cakep plus keren"..dll....yang jelas klo mo
ngegaya ntu gak harus Mainstream broth, asal di pikirkan dengan matang dan punya
nilai estetika tinggi terhadap safety dan fungsi, orang juga ngeliatnya nyaman.
Nah kurang lebih begitulah review
ane setelah pemakaian Velg Jari Jari Satria FU selama kurang lebih 2 bulanan, cukup
nyaman dan aman..terlebih lagi semuanya sesuai Ekspektasi ane, terkecuali pemilihan
ban, hingga saat ini ane masih hunting Ban Durro..mengapa? karena ban Durro
mempunyai profil tinggi ban yang cukup tipis dengan kembang yang oke..
sayang jarang banget yang jual di otista..Owh y gak lupa broth, boleh percaya atau tidak..kebanyakan mereka yang Modifikasi Satria FU Velg Jari Jari tanpa perhitungan, biasanya mereka langsung Jual lagi..di karenakan mereka gak siap kalao harus ban pecah di tengah jalan, kena paku dan handling menurun..jadi bisa dibilang jangan sekedar ikut tren lha bro..pikrin dulu mateng2 sebelon ngemodif en jangan sampai ngebahayain diri sendiri..
sayang jarang banget yang jual di otista..Owh y gak lupa broth, boleh percaya atau tidak..kebanyakan mereka yang Modifikasi Satria FU Velg Jari Jari tanpa perhitungan, biasanya mereka langsung Jual lagi..di karenakan mereka gak siap kalao harus ban pecah di tengah jalan, kena paku dan handling menurun..jadi bisa dibilang jangan sekedar ikut tren lha bro..pikrin dulu mateng2 sebelon ngemodif en jangan sampai ngebahayain diri sendiri..
Oke semoga berguna :D
bro itu ukuran lebar velgnya berapa depan belakang?
ReplyDeletedepan 2,5 blkg 3 inch gan
ReplyDeletekalo untuk velg belakang maks nya pakai velg uk brp lag gan? dan kalo dikasi velg 5 inch cukup dak swingarm nya..
Deletewwah kekny gak bs bro, 3 inch aj msh sisa 1 ruas jari, mgkin 3.5 dah paling mentok buad belakang :D
DeleteSaya mau pake yg lebar lagi ni kalo sekarang kan pake uk 1.85, saya mau pake velg lebar sama ban tipis kayak ban supermoto, kira" pake uk brp ya ban sama velg nya?
DeleteKalau pake velg 3 atau 3.5 inch pake ban ukran brp gan biar ban tipis kayak motor supermoto gitugitu, and yg depan pake velg uk brp lagi..
Deletesaranin pk yg 3inch aj buat belakang, secara arm FU gak lebar, kalao mao kliatan tipis otomatis profil ban ny kudu pake yang angka kedua nya tuh di 70 atau 60, contoh 120/60, 110/70 atau 100/70, jgn lebih dari 70
Deletesaranin pk yg 3inch aj buat belakang, secara arm FU gak lebar, kalao mao kliatan tipis otomatis profil ban ny kudu pake yang angka kedua nya tuh di 70 atau 60, contoh 120/60, 110/70 atau 100/70, jgn lebih dari 70
DeleteYg belakang pake tromol p gan
ReplyDeleteYg belakang pake tromol p gan
ReplyDeleteMerknya si DBS ny gan
Deletebro, aku newbe nih di otomotif,aku pakek satria fu 2010, nah pengen ganti ban ni ceritanya karna uda gundul, jadi kepikiran buat kayak satria bro gini, tapi pakek velgnya yang bawqan motor aja gitu, nah rekomennya bro pakek ban apa ya kalau pakek velg bawaan motor gitu? trus sama ujurannya berapa ya bro, makasi bro
ReplyDeletebisa pake Vrossi, pilih yg 1.85 sm 2.15 aja udah cukup..gk kegedean tp bisa dibikin tubeless metode kek ane
Deletegan kalo pake Vrossi,ban nya mau pake 90/80 (depan) sama 100/90 (belakang) masuk ga?
ReplyDeleteklo untuk ban satria,maksimal depan bisa masuk smp 100, blkg 120..nah yg jadi pertanyaannya..agan pake rims lebar brp? minimal pake komposisi 1.85 sm 2.15 dah cukup buad pk ban ukuran yg agan mau..
Deletegan mo tanya dong. gimana keawetan velg jari2 menggunakan tubeless? katanya rawan lepas yah? sy minat bgt tp mekanik di Pl*** b*n ragu2 spt ogah2an utk melakukannya dgn alasan bahaya.
ReplyDeleteuntuk keawetannya sejauh ini siy baek" aja gan ASAL tekanan angin harus sering" di cek, jgn smp kurang angin karena bisa nyebabin pelapisnya melorot en bocor deh, malah skr ane dah pake buad metic 14 inch juga, pake manset dari ban dalem 12inch (vespa). ente jgn bikin di Planet B*n, karena setau ane mereka gk mau ngerjain pekerjaan gituan di luar paket mereka. Mereka (planet b*n) juga menjual manset buad pelapis tubeless jari" gan, jadi pasti ogah"an ngerjain pengerjaan tubeless dr agan. cb browsing aja paketan Tubeless jari" dari planet ban..harus satu paket sama pembelian ban
Deletebro itu utk ukuran 2.50-3.00 shok depan sama arm perlu diganti atau engga ya ?
ReplyDeletegak perlu bro, smua PNP..tp untuk depan butuh penyesuaian di Spakbor, untuk belakang tinggal cari setingan gear yang pas biar gak berat aj :D
DeleteSpakbor depan pakai motor apa bro..? Thanks..
DeleteBro ane mau nanya nih, ban ane udh gundul rencana mau di tubeless in kira2 bagus gak klo velg bawaan, dikasih ban 90/90 belakang dan 80/90 depan? Ban nya corsa s123
ReplyDeleteklo di bilang bagus relatif, dari sisi tampilan standar siy bro karena ukurannya gak beda jauh sama Ban pabrikan..Kompon Corsa S123 bisa dibilang agak keras, jadi efeknya ke handling kurang ngeGrip,(spengalaman yg ane pake ya). bs coba ukuran lain atau pk brand lain yg 1 tingkat di atas ukuran FU
DeleteTu depan blakang pke tromol apa gan...
ReplyDeleteKalo blakang ama dpan pake velg ring 14, gmana gan???
Jari ² nya pke ukuran brapa....
Tromol variasi, apapun itu merknya biasanya sama aja buatan lokal jg..Fu pake ring 14? waduh om yg ada malah jd cebol tar..gk ssuai sama Whellbase nya :D
DeleteTromol belakang nya lngsung ada dudukan cakram atau pake tambahan adaptor lagi gan?
Deleteiya, mau dicebolin gan...
Mau tampil beda gan..
Kaya ini nih https://agoey.wordpress.com/2013/11/13/modifikasi-suzuki-satria-fu-mini/
Lgsg PNP gan...enak siyi pk velg kcil, tarikan bawahnya njambak pasti..wkwkwk
Deletegan mau tanya klau ukuran ban 80/90 bgus pkek velg jari jari ukuran brpa dn velg apa yg bgus?
ReplyDeletekalau mau kliatan tinggi atau kekar otomatis 1.6/1.8 inch idealnya, untuk jari" pilihannya ada Takasago,TK,Rossi,Jinfei,Barosss,dll
DeleteMau tanya gan, swing arm New Vixion bisa masuk ga ya ke satria fu?
ReplyDeleteklo dr ukurannya gak keknya gan, secara dimensi frame Vixion lebih lebar dan gede. klo di paksa masuk biasanya bakal ada ubahan di frame FU nya, bkn di arm nya..ya klo di modif siy pst bisa..mending pake ProArm NSR aja sekalian gan..hehe
DeleteKlo untuk di ganti pelek bawaan bison bisa ndak brow motorku satria tahun 2010
ReplyDeleteklo ada rubahan siy bisa aja bro..yg ptg as roda dan napgear nya bs masuk..tp siy mending jgn secara Byson lama kan masih tromol
DeleteSatria injeksi ganti pelek lebar sm ban kira2 brpa mas dananya??? Sm tolong ksih ukuranya
ReplyDeletecek disini untuk estimasi perhitungan biayanya
Deletehttp://vhiediepedia.blogspot.co.id/2013/10/modifikasi-satria-fu-velg-jari-jari.html
untuk velg harganya bervariasi, karena tergantung merk
gan maaf nih mau nanya
ReplyDeleterencana pengen ganti ke jari-jari merk tk..
pengennya sih ukuran velg nya sama aja kaya yang ori sama gimana menurut agan modelnya gimana atau apa??
sama saran untuk pemilihan ban..
gak pengen terlihat berlebihan
budget menengah.
trims gan
kalau bisa naek 1 step aja bro,pake uk 1.60/1.85..ban jg naek 1 ukuran bs pake 80/80,90/80 & 100/80 buat belakang..jadi biar handlling lebih joss...di bawa rebah sm nikung jg pede..ban yg gk over buget bs pake genzi pro..buad harian dah cukup
DeleteGan saya rencana mau ganti velg champ ukuran 3.00inc untuk blakang nah umtuk depan kira2 pake yg brapa inc ya enaknya??2.15inc ato 2.50inc??motor satria fu 2012
ReplyDelete2.15 lebih enak buad nikung sm belok" pas macet...klo 2.5 enak jg siy lebih stabil buad ngebut pas lurus..tinggal pilih aja..ane prefer pake 2.15 buad depan..enteng
DeleteOk gan..velg udah beli tp bru yg blakang ,depan nyusul dah..oiya untuk spakboard depan katanya kudu ganti gan??enaknya gamti pke spakboard mtor apa nih??ada saran??thankss
Deletepake spakbor variasi ninja masih lebih gmpg..soale kupingnya lumayan panjang buad d pasangin breket..
DeleteOk gan...makasih..velg uda lgkap d/b 2.15 sama 3.00 inc
DeleteNah untuk ban nya biar ga kliatan kotak ato ngedonnat yg plg cocok dan pas ukuran brapa nih gan bro??depan belakang ya..thanka
kl ngincer bentuk yg agan mau agak susah, karena tiap merk ban pst beda" walau ukuran ban nya sama.Ada ban yg ukurannya gede tp pas d pasang malah ngotak, ada yg ukurannya kecil tp pas d pasang malah proporsional. Sejauh ini ane pling sering pk FDR Genzi Pro,Duro atau Zeneos ZN62. Alternatif bs coba Mizzle MR01 atau IRC Razo
DeleteOke gan trima kasih..week end hunting ban deh gue..hehe
ReplyDeleteBelakang rncana mau tk kasih 120/70 kira2 aman ga ya?klo ga ya yg 110/70 aja hehe ragu mentok apa ga klo pke 120/70
ane pernah pake yg 110, itu masih bs, jarak dr ban ke arm sisa 1 ruas jari lagi..mgkin 120 mentok..tp tergantung kembangnya kek gmn..sukses gans modifny
DeleteOka gan trima kasih...fixs besok beli yg 110 aja dr pda mentok arm nya hehe,makasih udah ngejawab prtnyaan2 saya..;)
ReplyDeleteBuat velg ukuran 1.85 dan 2.15 ban yang bagusnya ukuran brpa ya gan biar si ban th ngga ngotak atau donat tpi si ban tuh kliatan dr bawahnya lebar ke atas itu kecil / miring.
ReplyDeleteTrus ban yang bagus merk apaan ?
bs coba FDR Genzi Pro atau FDR Noigen, 70/80, 80/80 sm 90/80..karakter ban FDR kebanyakan agak Tube sptnya cocok..atau bs coba 90/80 IRC Razo,Mizzle MR01...agak mahal siy..hehe
DeleteGan kalo pake velg 1.85 & 2.15 kalo pengin profil bannya itu ngga ngotak tapi bntuknya itu bawah sama atas beda. Bawahnya lebar ke atas itu kecil kaya miring g2 bntuknya, itu pake ukuran ban brpa ya ?
ReplyDeleteTrus ban yang bagusnya merk apa ?
thanks sebelumnya gan , karena postingan agan membuat saya kepincut kepingin pake velg tapak lebar ,, so yang jadi pertanyaan " apakah velg jupe mx yang king bisa pnp di fu 2010 ? mengingat dimensi lebar velg belakang mx lebih lebar sedikit "
ReplyDeleteuntuk depan kmungkinan bisa..tp untuk belakang ane blom pernah coba..karena harus ganti 1 set sm napgear,bosh roda,dan as..kudu ke bengkel bubut yang pst gan..krn temen pernah pake velg lebar Rossi Tiger buad FU nya
DeleteKalau satria injeksi velg depan 2.75 n belakang 3.50 kira kira bisa gak ya...
ReplyDeleteuntuk ukuran segitu kemungkinan mentok gan...krn di 2.50 sm 3.00 aja jaraknya dah tipis banget antara Sok depan sm Arm belakang..
DeleteJika velg Mx king di pasang ke satria 2015 kira2 armnya satria sesuai g? Trs ap aj yg prlu dgnti mksh 😀
ReplyDeletedisarankan jangan, walaupun bisa kalau di akalin pakai teknik bubut. Untuk bagian depan keknya lebih mudah karena hanya cukup rubahan Boshing kiri kanan dan breket..bagian belakang yang agak nguras kantong karena sudah pasti posisi napgear bakal berubah
Deleteitu spakbor depan pake punya apa ?
ReplyDeleteninja 250 karbu
ReplyDeleteRekomendasi dong bos, velg jari jari yg bagus itu apa? Tdr? Champ? Rossi? Atau apa.. Sama tromol dan ruji nya pake merk apa yaaa. Rencana mau make touring style.
ReplyDeleteMotor old cb150r msh ori.
gk rekomendasiin Champ buad harian/touring sebenernya gan..mending pake TDR atau Vrossi aja, kalo bisa siy Takasago / baros..klo untuk tromol udah pasti pake orisinil pabrikan tapi bakal ada rubahan sedikit. Kalao ruji, bisa tdr atau Osaki
DeleteKlo velg rossi pkek ruji tdr ukran brpa?
ReplyDeletebs 2.15 yg paling ideal
DeleteGan, mau nanya nih velg belakang standar Fu make ban 70/90 cocok ga ya
ReplyDeleteprofilnya malah jadi sedikit lebih kecil..kl bisa angka depan lebih gede dr belakang..90/70 atau 80/70..jadi handling enak dan panic brake gak bikin goyang
DeleteGan mau tanya..
ReplyDeleteKalo velg 17 jari jari pake ban standar pabrik cakep ga ya?
Gan,, kalo velg belakang pke 3 inc pa ban gk nempel ke rantai..?
ReplyDelete