Well pagi ini ane mulai dari
keluar rumah hingga berjalan beberapa kilo gak ada yang terasa aneh pada
tunggangan ane saat tadi, tapi barulah ketika baru memasuki jalan menanjak
tepatnya di flyover stasiun tebet, terdengar suara berdesis yang cukup
mengagetkan telinga ane dan bini ane..ya iyalah wong bunyinya mirip ban gembos
tertancap paku! Saat itu ane ngerasa gak ada yang salah dengan bunyi tadi karena si bebex masih tetap anteng di kendarai, wong
ane pikir sepertinya kendaraan sebelah ane (mobil) tadi yang mengalami gejala ban
gembos. Tapi bini masih khawatir bro, dia ngerasa bunyi tersebut berasal dari
ban belakang ane. Okelah selesai turun dari flyover tebet, ane belok kearah warteg
warmo, nah tepat di perempatan lampu merah ini lah ban belakang ane gembos
total seketika.
Widih seketika ntu juga handling
blakang terasa ngaco geal geol ke kiri dan kekanan, ane berenti dan mencek
kondisi ban belakang.. Dan ternyata benar aja feeling bini ane, ban ane kempes abis
broh..sampe-sampe lekukan ban luarnya mblesek kedalam velg, haiiish….Ane
untungnya berenti pas tepat di depan bengkel motor di daerah perempatan lamer warmo..jadilah
dadakan ke bengkel motor pagi ini buad ganti ban dalem. Setelah cek sana sini ternyata penyebabnya
adalah karet manset/pelapis tubelessnya yang bermasalah., hipotesis ane
sementara karena akibat tekanan ban yang berkurang / agak kempes yang membuat
lapisan manset ambles ke dalam permukaan bibir velg, jadi seketikan itu juga
bunyi berdesis yang ane dengar pada saat flyover kemungkinan besar di sebabkan
oleh masalah tadi.
Akhirnya ane memutuskan untuk
memperbaiki secara dadakan aja dulu deh karena ane juga kudu ke kantor, so mau tak mau system tubelessnya kudu di
pinggirin dulu, alhasil ane ngegunain ban dalem di ban tubeless belakang untuk
sementara, asyem tenan! Bukan gak mau di tubelessin lagi broth, tetapi karena
sang bengkel dan mekaniknya gak punya skill sampai kesitu, padahal ane dah coba
jelasin panjang lebar lho caranya…trik marketing juga mungkin agar ban dalam
mereka laku..hahahhaha..yasudlah 60rebu untuk ban dalam + ongkos pasang terpaksa
ane keluarkan. Setelah ban di bongkar dan manset di tarik keluar, memang bisa
dilihat dengan jelas jika ban dalam berukuran 14 inch tersebut kondisinya
memang sudah cukup tipis, mahfum saja ban dalam metik yang ane pake sebagai
manset sendiri memang barang bekas dari lapisan manset sebelumnya, di tambah
lagi finishing cutting pinggirannya sendiri tergolong tipis dan tidak rata..nah
inilah asal muasal masalah gembos ban belakang bisa timbul..ulah oknum (human error)
terdahulu yang memotong pinggiran karet dengan gak rata, jadine ane kena
batunya deh
Yasudlah yang penting sementara
si bebek bisa di pake dulu buad riding gawe, besok sabtu paling baru meluncur
ke bengkel setel velg si babeh deket rumah buad aplikasiin lagi system tubeless
jari-jari buad ban belakang….Juosss panasnya lha pagi ini mengkeret
di bengkel tapi gak papa seenggaknya dapet input menarik buad pemasangan ban tubeless jari-jari kedepannya :p
permisi gan..mo tanya pake modifikasi ginian tahan berapa lama? sama keawetannya gimana? soale ane rencana mo bikin kya ginian nih.
ReplyDeletekalau untuk daya tahan tergantung kepada perawatannya juga gan, yang penting jgn smp tekanan angin kurang ato kempes total. karena bisa berakibat pelapis tubelessnya bergeser dari bibir velg
DeleteGan saya juga pke system ini pke lapisan ban motor matik ..nah saya ada prtnyaan saya kan mau isi dengan nitrogen tp kn kudu dikuras dlu angin nya..kira2 kalo dikempesin ampe abis lapisan karet ban nya mrucut apa ga ya??
ReplyDeleteboleh d kempesin, tapi jaangan terlalu habis banget..nanti yang ada manset nya malah ketarik lagi...
DeleteKira kira disisain berapa psi tekanannya biar g mrucut karet bannya gan?mngkin agan prnah sistem kyk gni dr angin biasa diganti nitrogen biar g mrucut mansetnya hehe
ReplyDeletegak usah terlalu padet gan, yang penting gak gitu kempes..bisa di 30-32 (depan),33-35 (blkg)
Delete