25 March 2014

Dan Velg Jari-Jari Tubelessnya Gembos Juga Broh!

Well pagi ini ane mulai dari keluar rumah hingga berjalan beberapa kilo gak ada yang terasa aneh pada tunggangan ane saat tadi, tapi barulah ketika baru memasuki jalan menanjak tepatnya di flyover stasiun tebet, terdengar suara berdesis yang cukup mengagetkan telinga ane dan bini ane..ya iyalah wong bunyinya mirip ban gembos tertancap paku! Saat itu ane ngerasa gak ada yang salah dengan bunyi tadi karena si bebex masih tetap anteng di kendarai, wong ane pikir sepertinya kendaraan sebelah ane (mobil) tadi yang mengalami gejala ban gembos. Tapi bini masih khawatir bro, dia ngerasa bunyi tersebut berasal dari ban belakang ane. Okelah selesai turun dari flyover tebet, ane belok kearah warteg warmo, nah tepat di perempatan lampu merah ini lah ban belakang ane gembos total seketika.

Widih seketika ntu juga handling blakang terasa ngaco geal geol ke kiri dan kekanan, ane berenti dan mencek kondisi ban belakang.. Dan ternyata benar aja feeling bini ane, ban ane kempes abis broh..sampe-sampe lekukan ban luarnya mblesek kedalam velg, haiiish….Ane untungnya berenti pas tepat di depan bengkel motor di daerah perempatan lamer warmo..jadilah dadakan ke bengkel motor pagi ini buad ganti ban dalem. Setelah cek sana sini ternyata penyebabnya adalah karet manset/pelapis tubelessnya yang bermasalah., hipotesis ane sementara karena akibat tekanan ban yang berkurang / agak kempes yang membuat lapisan manset ambles ke dalam permukaan bibir velg, jadi seketikan itu juga bunyi berdesis yang ane dengar pada saat flyover kemungkinan besar di sebabkan oleh masalah tadi.
Akhirnya ane memutuskan untuk memperbaiki secara dadakan aja dulu deh karena ane juga kudu ke kantor, so mau tak mau system tubelessnya kudu di pinggirin dulu, alhasil ane ngegunain ban dalem di ban tubeless belakang untuk sementara, asyem tenan! Bukan gak mau di tubelessin lagi broth, tetapi karena sang bengkel dan mekaniknya gak punya skill sampai kesitu, padahal ane dah coba jelasin panjang lebar lho caranya…trik marketing juga mungkin agar ban dalam mereka laku..hahahhaha..yasudlah 60rebu untuk ban dalam + ongkos pasang terpaksa ane keluarkan. Setelah ban di bongkar dan manset di tarik keluar, memang bisa dilihat dengan jelas jika ban dalam berukuran 14 inch tersebut kondisinya memang sudah cukup tipis, mahfum saja ban dalam metik yang ane pake sebagai manset sendiri memang barang bekas dari lapisan manset sebelumnya, di tambah lagi finishing cutting pinggirannya sendiri tergolong tipis dan tidak rata..nah inilah asal muasal masalah gembos ban belakang bisa timbul..ulah oknum (human error) terdahulu yang memotong pinggiran karet dengan gak rata, jadine ane kena batunya deh

Yasudlah yang penting sementara si bebek bisa di pake dulu buad riding gawe, besok sabtu paling baru meluncur ke bengkel setel velg si babeh deket rumah buad aplikasiin lagi system tubeless jari-jari buad ban belakang….Juosss panasnya lha pagi ini mengkeret di bengkel tapi gak papa seenggaknya dapet input menarik buad pemasangan ban tubeless jari-jari kedepannya :p



6 comments:

  1. permisi gan..mo tanya pake modifikasi ginian tahan berapa lama? sama keawetannya gimana? soale ane rencana mo bikin kya ginian nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk daya tahan tergantung kepada perawatannya juga gan, yang penting jgn smp tekanan angin kurang ato kempes total. karena bisa berakibat pelapis tubelessnya bergeser dari bibir velg

      Delete
  2. Gan saya juga pke system ini pke lapisan ban motor matik ..nah saya ada prtnyaan saya kan mau isi dengan nitrogen tp kn kudu dikuras dlu angin nya..kira2 kalo dikempesin ampe abis lapisan karet ban nya mrucut apa ga ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh d kempesin, tapi jaangan terlalu habis banget..nanti yang ada manset nya malah ketarik lagi...

      Delete
  3. Kira kira disisain berapa psi tekanannya biar g mrucut karet bannya gan?mngkin agan prnah sistem kyk gni dr angin biasa diganti nitrogen biar g mrucut mansetnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah terlalu padet gan, yang penting gak gitu kempes..bisa di 30-32 (depan),33-35 (blkg)

      Delete