5 May 2014

Substitusi Kampas Kopling Suzuki Hayate, "Anda Kurang Beruntung"!

Well bro masih ingat jika beberapa tempo hari lalu ane baru saja mengganti kopling set si Sky dengan kepunyaan kopling hayate (baca disini) ? Nah ternyata benar saja, karena hal tersebut kini menimbulkan permasalahan baru! Hufffft…sejatinya memang dari awal ane udah curiga dari saat transaksi sama si seller (sebut saja D), juju rajah broh ane siy termasuk awam soal urusan spare part matic terlebih lagi menyangkut yang namanya CVT, nah karena Sky ane di vonis mengalami gagal kopling, alias kopling udah jebol kudu diganti..maka ane carilah parts penggantinya. Usut punya usut ternyata kampas hayate merupakan pilihan tepat buad si Sky saat ini, di karenakan kampas kepunyaan hayate ini bisa dibilang merupakan penyempurnaan dari versi terdahulunya..

Singkat kata ane beli lha kopling hayate  ini dari salah satu seller di FJB kaskus, harga yg di tawarkan cukup murah yakni 170rebu untuk Kampas, Mangkok en Per CVT, doi mendapuk klo barang daganganny ini ORI! Karena memang ini asli copotan dari motornya dia juga..terlebih lagi doi merupakan salah satu karyawan Suzuki Plant Tambun, maka tanpa pikir panjang yasud lha ane boyong kopling setnya..kondisi memang masih terbilang gress saat itu, mangkok masih tergolong halus, daging kampas tebel dan per juga masih keras..nah dsini lah awal permasalahanyya karena ane termasuk buta untuk membedakan mana parts yang ORI apa Imitasi buad si Sky..Tanpa kecurigaan berarti ane bayar ajah mahar yang di tawarkan,lantas esok harinya pasang deh..

Sehari pertama pemasangan bisa dibilang performa si Sky meningkat tajam, jambakan putaran bawah sangat kerasa, en tarikan atas panjang jaliiiiih! Tapi di hari keduanya problem mulai bermunculan, di karenakan ane ngegunain niy motor hampir setiap hari..dengan kondisi jalan yang super macet..maka ane bisa ngerasain klo ada yang gak beres sama niy motor..Gejala awal adalah kondisi tarikan bawah yang mental mentul pada saat gas di buka sedikit demi sedikit, getaran yang di rasa pada stang pun sangatlah tidak wajar dan terkadang bikin tangan ane pegal di karenakan ane harus aware buad narik tuas rem depan agar liarnya motor bisa di control..ane pikir ini cm slip kopling biasa aja, so ane sangat santai menanggapinya..ya maklumlah namanya jg kopling masih baru!

Nah makin kesini getaran semakin parah, motor pun terasa melompat lompat ketika bukaan gas di tarik perlahan..wah gak beres broh klo kek gini caranya, wong yang lebih parahnya terdengar bunyi klotok-klotok dari arah rumah CVT tiap kali gas di buka..yasudlah karena sudah tak tahan en ngeri akan keselamatan berkendara akhirnya ane ke beres Suzuki terdekat..en ternyata benar saja setelah di bongkar, masalah utama terletak pada kondisi kampas kopling nya yang bermasalah, karena mekanik dan head mekanik Suzuki penggilingan memvonis jika kampas yang ane pasang itu adalah barang Imitasi, yang tak kalah kaget ternyata Per nya juga bukan ori bawaan…melainkan per Kitaco tipe 1500 rpm, mungkin yang ori dari perangkat tersebut Cuma mangkoknya ajah..wadezzzzig…apes tenan ah mo murah malah susyah! Tau gini sedari awal beli ajah di deler resmi trs langsung pasang, dari pada jadi begini berkali2 bongkar CVT malah jato muahal en sama ajah!

Yasudlha klo sudah begini di jadikan pengalaman sajah

2 comments:

  1. kondisinya skarang bagaimana, apa sudah ga bermasalah lgi di cvt nya ? scara sya jga pnya sw th 2008 second :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ganti smua full baru om, baru deh ilang masalahnya..sebenernya siy jamak tuh problem dan hampir di semua motor matic kok

      Delete