Well bro masih ingat jika
beberapa tempo hari lalu ane baru saja mengganti kopling set si Sky dengan
kepunyaan kopling hayate (baca disini) ? Nah ternyata benar saja, karena hal tersebut
kini menimbulkan permasalahan baru! Hufffft…sejatinya memang dari awal ane udah
curiga dari saat transaksi sama si seller (sebut saja D), juju rajah broh ane
siy termasuk awam soal urusan spare part matic terlebih lagi menyangkut yang
namanya CVT, nah karena Sky ane di vonis mengalami gagal kopling, alias kopling
udah jebol kudu diganti..maka ane carilah parts penggantinya. Usut punya usut
ternyata kampas hayate merupakan pilihan tepat buad si Sky saat ini, di
karenakan kampas kepunyaan hayate ini bisa dibilang merupakan penyempurnaan
dari versi terdahulunya..
Singkat kata ane beli lha kopling hayate ini dari
salah satu seller di FJB kaskus, harga yg di tawarkan cukup murah yakni 170rebu
untuk Kampas, Mangkok en Per CVT, doi mendapuk klo barang daganganny ini ORI! Karena
memang ini asli copotan dari motornya dia juga..terlebih lagi doi merupakan
salah satu karyawan Suzuki Plant Tambun, maka tanpa pikir panjang yasud lha ane
boyong kopling setnya..kondisi memang masih terbilang gress saat itu, mangkok
masih tergolong halus, daging kampas tebel dan per juga masih keras..nah dsini
lah awal permasalahanyya karena ane termasuk buta untuk membedakan mana parts
yang ORI apa Imitasi buad si Sky..Tanpa kecurigaan berarti ane bayar ajah mahar
yang di tawarkan,lantas esok harinya pasang deh..
Sehari pertama pemasangan bisa
dibilang performa si Sky meningkat tajam, jambakan putaran bawah sangat kerasa,
en tarikan atas panjang jaliiiiih! Tapi di hari keduanya problem mulai
bermunculan, di karenakan ane ngegunain niy motor hampir setiap hari..dengan
kondisi jalan yang super macet..maka ane bisa ngerasain klo ada yang gak beres
sama niy motor..Gejala awal adalah kondisi tarikan bawah yang mental mentul
pada saat gas di buka sedikit demi sedikit, getaran yang di rasa pada stang pun
sangatlah tidak wajar dan terkadang bikin tangan ane pegal di karenakan ane
harus aware buad narik tuas rem depan agar liarnya motor bisa di control..ane
pikir ini cm slip kopling biasa aja, so ane sangat santai menanggapinya..ya
maklumlah namanya jg kopling masih baru!
Nah makin kesini getaran semakin
parah, motor pun terasa melompat lompat ketika bukaan gas di tarik
perlahan..wah gak beres broh klo kek gini caranya, wong yang lebih parahnya
terdengar bunyi klotok-klotok dari arah rumah CVT tiap kali gas di buka..yasudlah
karena sudah tak tahan en ngeri akan keselamatan berkendara akhirnya ane ke
beres Suzuki terdekat..en ternyata benar saja setelah di bongkar, masalah utama
terletak pada kondisi kampas kopling nya yang bermasalah, karena mekanik dan head
mekanik Suzuki penggilingan memvonis jika kampas yang ane pasang itu adalah
barang Imitasi, yang tak kalah kaget ternyata Per nya juga bukan ori bawaan…melainkan
per Kitaco tipe 1500 rpm, mungkin yang ori dari perangkat tersebut Cuma mangkoknya
ajah..wadezzzzig…apes tenan ah mo murah malah susyah! Tau gini sedari awal beli
ajah di deler resmi trs langsung pasang, dari pada jadi begini berkali2 bongkar
CVT malah jato muahal en sama ajah!
Yasudlha klo sudah begini di
jadikan pengalaman sajah
kondisinya skarang bagaimana, apa sudah ga bermasalah lgi di cvt nya ? scara sya jga pnya sw th 2008 second :)
ReplyDeleteganti smua full baru om, baru deh ilang masalahnya..sebenernya siy jamak tuh problem dan hampir di semua motor matic kok
Delete