5 May 2014

3 jenis Material Pembuat Perabotan Rumah Tangga Yang Berbahaya!

Perabotan rumah tangga – Memang tak bisa di pungkiri jika yang namanya perabotan rumah tangga modern saat ini hampir 80% nya menggunakan material berbahaya sebagai bahan utamanya. Tidaklah mengejutkan karena memang selama ini banyak sekali orang yang tidak tahu apakah perabot rumah yang mereka gunakan itu menggunakan material bahan apa? Dan apakah berbahya? Nah adalah Melamin, Styrofoam dan Plastik Bekas yang menjadi pangkal permasalannya.


Ketiga bahan di atas memang bisa dibilang sangat sering di gunakan sebagai perabot rumah tangga modern belakangan ini, selain praktis dan sangat mudah di olah..ke tiga bahan di atas bisa dibilang sangat murah ongkos produksinya.Yuk mengenal lebih dekat ketiga material pembuatan perabot rumah di atas, cekidot :


  • Melamin
Adalah zat organik dengan rumus kimia C3H6N6 atau disebut juga dengan nama IUPAC 1,3,5-Triazine-2,6-triazine, berbentuk kristal putih yang sulit larut di dalam air. Melamin dikenalkan di Indonesia sekitar tahun 1970an, melamin ini banyak sekali digunakan sebagai bahan pembuat plastik, lem, dan pupuk.

  • Styrofoam
Akan sangat berbahaya bila kita menggunakan bahan ini untuk tempat makanan atau minuman, karena styrofoam mengandung zat berbahaya yaitu; Benzen, Carsinogen, dan Styrene. Ketiga zat tersebut akan bereaksi dengan bahan makanan atau air panas sehingga akan terlepas dan masuk ke dalam tubuh kita bersama makanan atau minuman dan akibatnya terjadi kerusakan pada tubuh kita seperti:

  1.     Kerusanakn pada sumsum tulang belakang
  2.     Menyebabkan anemia
  3.     mengurangi pembentukan sel darah merah
  • Plastik Botol Bekas
Botol plastic ini hanya dapat dipakai sekali, bila dipakai berulang misalnya untuk air hangat atau air panas maka bahan polimernya akan mengeluarkan zat karsinogenik yaitu zat pemicu kanker.

So bisa bayangkan jika ke tiga bahan pembuat Perabotan rumah tangga berbahaya tersebut ada di rumah ente? Dan sangat dekat dengan kehidupan ente sehari-hari, tentunya hal ini akan bisa sangat merugikan kesehatan ente dan kesehatan orang-orang di sekitar ente. Oke semoga berguna brosis!

No comments:

Post a Comment