2 December 2013

88DB Akhirnya "Tutup Usia"..Adios!!!

88db.com Corp its THE END!!!

Dalem ati ane cuma bisa bilang miris,ibaratnya bayi yang baru bisa merangkak en di bantu jalan terus jatoh,sakit lalu di kubur..mungkin ntu dia sekelebat kisah perjalanan perusahaan agency iklan asal Hongkong ini.88DB sendiri bisa ane bilang sebagai sekolah ke dua buad ane..why?selama 3 taon lebih ane kerja disana sebagai staff SEO,mulai dari Zero en not become Hero karna kondisi yang kian parah pada sisi manajemen beberapa bulan lalu...banyak hal lucu,unik,menyenangkan yang ane dapet disana..mulai dari temen,ilmu,pengalaman,materi dan buaaaaanyak lagi..pokoknya cukup berkesan dah


Sekarang semua tinggal kenangan broth, dan raksasa orange itu kini di tidurkan selamanya dari sakit keras nya setahun belakangan ini..ane gak tau pasti kenapa niy company bisa sampe gulung tiker, gak hanya di indo..tp di semua cabangnya yang tersebar di beberapa negara besar...mungkin ane segelintir dari sekian banyak mantan karyawan 88db yg beruntung,ane cabut di waktu en kondisi yang tepat..andai sekarang ane masih disana sampai hari akhir..mungkin ane bakal rada blangsak nyari kerja ksana kemari..thanks GOD

Big Aplause gak lupa ane kasih sekenceng2 nya bagi merek team yang masih tersisa sampai titik darah penghabisan..eSpecially mbak Amel en Fuad sebagai salah satu karyawan 4 generasi yang mampu bertahan sebagai AE yang tangguh en alot..dan tim produksi/desain en UI yg gokil kocak plus bocor abisssss..hehehe

Well last words cuma mo blg...a Big Thanks to 88db.com Indo and management, i will miss that moment when we share,laft en works together wabil khusus tim SEO ane Wike,ihsan en Ade..till we meet again dude

Adios Orange Familly...hikz

48 comments:

  1. Mantan karyawan 88DB turut prihatin. Ane udh berasa ga stabilnya managemen perusahaan tsb sejak pertama masuk (DBindo). Itu yg bikin ane milih ga bertahan lama disana dan cari yang baru. Semoga jadi pelajaran bagi semua. Amin ( Putra )

    ReplyDelete
  2. Salam kenal bro..ane juga prihatin :(

    ReplyDelete
  3. Saya juga ex 88db distrik bandung...sedih juga waktu saya dan teman" OC diberhentikan.Sweeper,closer,ampe online crawler pernah saya rasakan di 88db.yahh mau bagaimana lagi..banyak kenangan di88DB terutama bos" bandung yg dipegang Alam dan jamal(sebelum pindah k jogja) wuihhh...bos paling keren&kompak manteplah!!!trus saya lebih respect waktu 88db dipegang oleh pak edwin(koko edwin)plus sang asisten bu rini...setelah manajemen diganti besar"an!!!!isi kantor makin ga karuan.semoga 88Db tenang dialam sana. Requestat in pace :(

    ReplyDelete
  4. salam kenal, saya juga banyak belajar dari 88db - mantan tim produksi surabaya bagian tukang ketik. Bayi raksasa tepatnya! Bermimpi menjadi kapal besar untuk mengarungi samudra besar, namun tak sempat menjadi kapal sudah karam!

    Sebelum benar-benar tutup sudah berprasangka memang akan tutup. Banyak gejolak. Apalagi jika kita dekat dengan tim marketing maka akan tahu betapa target mereka susah tercapai. Maka kuputus kan tidak lanjut di 88db. tapi saya berutang sama 88db ispirasi yang saya dapatkan.

    ReplyDelete
  5. Salam kenal juga bro..miris emg nasib nya,..padahal tim marketing en desain lumayan solid dah kek sodara...

    ReplyDelete
  6. Heh didik, kita sama2 tim 88db surabaya, q juga awalnya berharap banget sama perusahaan ini, bener2 perusahaan yg aq anggap besar selama beberapa lama berkarir di design web, cukup bangga namun juga sedih saat tahu2 kita harus diberhentiin secara halus, bayangan besar dengan perusahaan ini berubah dari tiba2 kenapa ko kerjaan semakin sedikit, merasa khawatir jika perusahaan 88db ini harus bangkrut, g tau kenapa ternyata kejadian juga, yah pengalaman dalam suatu episode kehidupan, mencari kerja lagi deh...

    ReplyDelete
  7. Saya jg salah satu ex 88db jkt. Banyak kenangan dan pengalaman disana yabg seru bgt. Saya dulu kerja dibawah pak imanuel.. beliau banyak jasa utk saya.. gak nyangka klo akhirbya turup

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya mantan karyawan 88db makassar.. ternyata semua tutup ya.. kirain cuman di makassar yg tutup..

      Delete
  8. iman skr single fighter buka usaha digital marketing sendiri lho bro :D

    ReplyDelete
  9. Saya customer 88DB, saya baru transfer uang untuk perpanjang tanggal 13 Desember kemarin, ditangani oleh Amel, sebesar 1jt. Kalo memang mau tutup mengapa saya tetap ditagih dan pembayarannya diterima ya? Sekarang sudah tidak ada lagi yang bisa dihubungi dan website saya pun sudah tidak ada lagi. Ada mantan karyawan 88DB yang bisa bantu? Karena saya mencium ada unsur penipuan kalau begini.

    ReplyDelete
  10. Kalau sudah tutup sejak Desember, kenapa tanggal 13 Desember kemarin saya masih ditagih dan setelah dibayar, tidak bisa dihubungin lagi ya orang2 yang bersangkutan (Amel, Indah Riskana Amelia)? Ada yang bisa bantu?

    ReplyDelete
  11. @Rainder Arya
    klo tidak salah resminya 88db Indo closing ntu tanggal 20, kebetulan ane ane juga udah gak disana sebelom tanggal segtu..kemungkinan besar beberapa manager yang bersangkutanlah yang lebih bisa memberikan informasinya..coba di contact sekali lagi ke nomer yang bisa di hubungi

    *turut prihatin bro :(

    ReplyDelete
  12. huaduh, sayang sekali yaa..saya sempat beberapa kali di follow up oleh marketing 88db untuk bikin web. hanya saja kurang tertarik karna keterbatasan kemampuan webnya.
    hingga akhirnya saya bikin sendir WEB usaha saya.

    salam,
    bravo for all

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh ada ibet :))))) alumnus 88db juga lo bet :)))

      Delete
  13. Turut berduka, tapi mohon info kemana kami harus menghubungi untuk urusan website dan account kami, baru 2 bulan bayar untuk 2 website....
    semua nomor telp yang dulu tidak dapat dihubungi

    ReplyDelete
  14. @donisiregar

    turut prihatin bro, mohon maaf banget karena ane juga kagak punya CP yang bisa di jadikan tempat aduan or informasi.,maklum ane cuma mantan pgawainya aja,..sorry y bro :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ngadu ke kantor pusatnya bisa ga ? punya emailnya ? kalau mau menambah atau revisi gambar di website apa masih bisa? thanks

      Delete
    2. keknya udah gak bisa bro, secara nomor kontaknya sendiri ane udah gak ada...cara satu2nya ente edit sendiri, klo gak salah dari pertama bikin udah di kasih cms login ny bukan? di coba-coba aja :)

      Delete
  15. ANE JUGA TURUT PRIHATIN & MENJADI KORBAN DARI 88DB YG KATANYA BANGKRUT, TETAPI TIDAK BERTANGGUNG JAWAB SAMA CUSTOMERNYA, GILA BANGET DITINGGALIN GITU AJA, G ADA KONTAK YG BISA DIHUBUNGIN. G ADA YANG TANGGUNG JAWAB, G ADA YANG KASIH PENGUMUMAN, LOST CONTACT AJA GITU

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya broh sama, ane juga salah satu korban karyawan yang di kecewain sama atasan disana..makanya ane pilih out duluan sebelum di outkan bareng2

      Delete
  16. Sedih bgt ya mskipun sempat kesal dg sistem manajemen pak edwin dan mba rini, namun di dalam 88db trsimpan kenangan manis bs ktmu tunangan aq skrg hehee krn 1 kantor di 88db padahal kangen pengen mengenang pacaran 1 kntor di 88db hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh..ini sopo ya?? anak 88db jakarta ato cabang..hahahah

      Delete
  17. @donisiregar
    silhakan ke grand slipi tower lantai 47
    utk nomer tidak bisa publish karena ada oknum yang akan menyalahgunakan utk pemerasan

    @bbhex biroe & All Commenters,
    as you know penyakit 88db sudah lama. karena didalamnya ada "tikus tikus" yg mencuri duit dan mencuri properti kantor dikit demi sedikit. hal ini pertama kali ditemukan di branch indonesia kemudian diinformasikan keseluruh cabang di asia kejadiannyapun sama karena lemahnya pengawasan akhirnya 88db di freeze operasionalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo soal maling ny si bro ane dah lama denger, biarlah itu menjadi urusan internal, selama ane masih di bayar secara profesional ane juga gak mau ambil pusing sama masalah internal..tapi miris aj sama manajemen ny, banyak bakat potensial yang loyal padahal di dalamnya lho

      Delete
    2. @bbhex

      klo soal maling gk bisa dibiarin lagi bro. mau lo kerja dimanapun klo disitu banyak maling ya gk akan survive tuh perusahaan. ya mgkn agan bbhex harus liat jg dari kacamata pengusaha sekali2 jadi biar bisa cepet laporin klo lingkungannya ada yg maling.
      Maling diperusahaan tuh sama aja kaya KORUPTOR!

      klo soal bakat gw setuju. tp apa daya bro dari jaman edwin dah banyak kecolongan akhirnya kerugian gak bisa dibendung lagi. pada cuek2 sih dulu orangnya sama internal.

      Delete
    3. betol sekali..btw ente mantan penghuni wisma77 apa cabang neh..

      hahahahha

      Delete
  18. alumnus 88db bandung nih, baru kemaren mau mampir-mampir ke kantor lama eh ternyata udah gulung tikar :)), lumayanlah biarpun pengalaman yang bertambah gak banyak (masuk 88db malah turun jadi "sweeper" padahal sebelumnya AE di ahensi iklan di jakarta, tapi gpp, gajinya sama soalnya) tapi nambah-nambah temen dan klien potensial buat masa depan :)). semoga jadi pelajaran juga kalo target yang di-set selama ini (luar biasa banyak) gak seimbang dengan target marketnya (hasilnya makin berkurang drastis kan kliennya), dan setelah market habis jadinya ya gini gulung tiker (ya ga tau juga ya kalo ada konflik internal).

    ReplyDelete
  19. gue dulu dinyatakan diterima di 88db jogja as CS bulan agustus 2013, tapi baru hari pertama gue kerja terus disuruh pulang jam 3 dan jam 5 dapat sms dan dinyatakan tidak jadi diterima. padahal gue udah keluarin uang lumayan buat biaya kos dll.

    yah gue nangis kayak dipermainkan karena gue udah keluar dari perusahaan gue yang lama. All of my friends and family ikut sedih tu perusahaan ga profesional sama sekali.

    Ternyata uda bangkrut ya pantesan sekitar november 2013 aku lewat di ruko nya uda ada tulisan di kontrakan.

    ya ternyata Alloh punya rencana yang jauh lebih gemilang. kasihan ama karyawannya. apalagi yang tengil banget tu gimana kabarnya......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Turut prihatin mas/mba..emg perhatian manajemen sm cabang di daerah minim bgt..di jakarta jg beda tipis dahulu kala koq..

      Sukses selalu :)

      Delete
  20. oalah ternyata sudah gulung tikar .. padahal kinerjanya bagus dan ramah sekali SEO googlenya .. pantesan saya mau perpanjang website tdk bisa dan tidak dikabarin ... biasanya udah pada cerewet nagih lewat email .. cuma rada rugi juga baru perpanjang hosting designnya november kemarin tapi karna expired domain april 2014 jd ga bisa lg websitenya .. sekarang websitenya masih ada , seharusnya ada pemberitahuan di websitenya. dan customer jangan ditinggalin gitu aja..

    ReplyDelete
  21. BTW artikel ini sangat bermanfaat .. trims gan...


    WEBSITE saya yang sempat berhenti

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 gan..iya, kbtulan saya dari mantan SEO nya mohon maaf yaks :D

      Sukses selalu

      Delete
  22. Buat para client yang merasa dirugikan, coba datangi Grand Slipi Tower. Setau saya, sekarang mantan CEO 88DB bekerja di situ. Good luck!

    ReplyDelete
  23. Dear Ka Bebek, Share info yaa.. Untuk para customer yang masih ingin menghubungi 88DB untuk permasalahan webnya, masih bisa langsung dtg ke Grand Slipi Tower lt 47. Karena masih ada CS yang menangani mengenai web client 88db.

    Thanks :)

    ReplyDelete
  24. Hoalaaa...
    Kantor lama gwaaa...
    Sbg salah satu web designer yg udah kerja dari zaman bu tania, sedih jg mendengar 88db bangkrut...
    Smoga bisa jd hikmah bagi semua mantan karyawanya...

    ReplyDelete
  25. 88db, kantor rasa sekolahan... belajar banyak banget ditempat ini, thanks 88db

    ReplyDelete
  26. Untung saya dulu tidak kerja di sana :D

    ReplyDelete
  27. Temen saya yg pakaai krudung Pink.. Lucu bngt gokil dehh wkwkwkkk

    ReplyDelete
  28. Alhamdulillah saya saya meneruskan perjuangan 88db kini saya mendirikan usaha jasa pembuatan website sendirian...terimakasih atas ilmu2 yang saya dapatkan di 88DB

    ReplyDelete