25 September 2013

Mesin Satria FU Panas??? Pasang Fan Radiator Aja Broth!



Gara-gara kondisi jalan di Jakarta yang super macet, dan di karenakan saat ini si Satria FU di jadikan motor perang buat nguli,..jadi ne maw gk maw dah kudu cari cara ngakalin lagi pegimane biar mesin si FU gk overheat alias kepanasan. Sebenernya ini siy trik lama yang dulu udah pernah ane aplikasiin, apalagi klo bukan masang kipas/fan PC di bagian radiator oli nyah. Buad efeknya sendiri siy lumayan cukuplah memuai panas yg muncul di sekitar radiator meskipun gak cukup signifikan.




Pemasangannya gampang, tinggal urut aja kabel masa sama netral..yang masa jepit ke soket klakson tepatnya kabel warna kuning, lalu sisanya di tempel ke body, kalo ane siy tempel ke baut plat nomer broth! Sebenernya ada lagi satu cara yang bikin suhu mesin  Satria FU adem secara signifikan, yakni dengan membuat lubang / tabung hawa, yang dimana hawa panas yang di hasilkan di dalem mesin langsung di push keluar ke dalam tabung..

Tentunya buat hal yang satu ini kudu nyari lobang pembuangan yang pas, cara gampangnya tinggal cari tutub oli variasi yang biasanya ada selang tambahan,..sayangnya tutup oli khas Suzuki itu ngegunain drat halus en cukup jarang di temuin di toko variasi…hadeuh ini salah satu kendalanya broth, buad PR di laen waktu aja deh :D

26 comments:

  1. lo pikir satria f punya radiator,, itu mah oil cooler bukan radiator...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oil cooler cuma nama kerenny aje broh,sm aje ente nyebut water cooler..radiator lebi umum buad orang awam -_-

      Delete
    2. banyak bacot u toke....hargain apa yang udah orang tulis.....u kira bapak u jendral.!!! banyak bacot ilmu kaga ada u....

      Delete
    3. hahaha..gpp bro..keep calm ajah :D

      Delete
    4. Apa itu radiator ?????
      Radiator adalah alat untuk menstabilkan suhu pada mesin agar panas yang dihasilkan saat mesin menyalah dapat direda, radiator dibagi 2 yaitu water cooler dan oil cooler, kinerja masing-masing sama mensirkulasikan panas, walaupun kinerja water cooler lebih baik dari pada oil cooler karena mengggunakan air sedangkan oil cooler menggunakan oli mesin untuk mensirkulasikan panas, tetapi cukup baik dari pada yang tidak ada pendingin mesinya

      salam otomotif ;) lebih baik diam dibandingkan sok tau

      Delete
  2. bisa diaplikasikan dimotor lain gak yah ini? :D hehehe

    ReplyDelete
  3. bisa kekny bro, secara ini kan dayanya kecil banget..asal paham konsep kelistrikan motor aj.. :D

    ReplyDelete
  4. boleh juga di tambah ptc/thermo switch

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa gk konslet tu kipas nya?? Jika terlena air.?? Kan itu kipas pendingin CPU

      Delete
    2. gak siy gan..aman aja, kcuali kalao kabelnya kena panas dari radiatornya...makanya kudu di selipin serapih mungkin

      Delete
  5. bang kalau untuk harganya brpa yahh bsa gk pke kipas komputer kan sma tuhh ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang di pake emang kipas dari cassing CPU sob...murah koq cuma 7-10rebu satu biji..

      Delete
    2. Ko muter nya pelan y bro.
      Biar kenceng gimana.
      Pake yg DC atau AC

      Delete
    3. klo dr kelistrikan siy emg d saranin pk arus langsung dari Klakson karena udah termasuk gede..nah tinggal kipasnya aja cari yang RPM nya gede juga..bisa ambil dari casing PC

      Delete
  6. Bro itu berarti kalau kunci kontaknya on itu fan nya langsung nyala dong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali gan..jdnya klo emg lg panas banget, matiin mesin tanpa matiin kontak, dan kipas pun nyalah..cukup signifikan nurunin panas yg ada di oil coolernya

      Delete
  7. Di akalin lagi make saklar bisa lah.. bisa kabel yang plus nya ke kontak langsung, ground (-) nya ke body juga bisa, pas yang ground(-) di bagi dua, 1 kabel dari kipas nya ke saklar, 1 lagi dari saklar ke body atau ground.
    Maaf yah Om .. saran aja ane mah

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok om, ane jg dah pernah coba pake saklar..cmn ane emg pengen otomatis nyala aja klo di kontak, toh dayanya juga kecil ..hehe

      Delete
  8. Nah...kl motornya lg dicuci apa ga kena air tu.apa hrs dicopot dl kipasnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. water resist kok gan...asal jgn di tenggelemin aja sm motor"mnya...hahhaha

      Delete
  9. tp kok masih janggal di dinamo kipasnya tuh, walaupun kabelnya tertutup, tp di bagian dinamonya masih bisa konslet tuh bang kalau kena air, apalagi kalau pas hujan,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejauih ini siy blom pernah koslet biarpun keujanan..klo mati karena kabel putus lebih sering kejadian habis di steam..karena yang nyeteam maen sodok aja bagian situ tanpa liad ada kabel..hehe

      Delete
  10. Sebelum dikasih fan, oilcoolernya dikasih cover gk? Kan gampang bengkok

    ReplyDelete