Gara-gara
kondisi jalan di Jakarta yang super macet, dan di karenakan saat ini si Satria FU
di jadikan motor perang buat nguli,..jadi ne maw gk maw dah kudu cari cara
ngakalin lagi pegimane biar mesin si FU gk overheat alias kepanasan. Sebenernya
ini siy trik lama yang dulu udah pernah ane aplikasiin, apalagi klo bukan
masang kipas/fan PC di bagian radiator oli nyah. Buad efeknya sendiri siy
lumayan cukuplah memuai panas yg muncul di sekitar radiator meskipun gak cukup
signifikan.
Pemasangannya
gampang, tinggal urut aja kabel masa sama netral..yang masa jepit ke soket
klakson tepatnya kabel warna kuning, lalu sisanya di tempel ke body, kalo ane
siy tempel ke baut plat nomer broth! Sebenernya ada lagi satu cara yang bikin
suhu mesin Satria FU
adem secara signifikan, yakni dengan membuat lubang / tabung hawa, yang dimana
hawa panas yang di hasilkan di dalem mesin langsung di push keluar ke dalam
tabung..
Tentunya
buat hal yang satu ini kudu nyari lobang pembuangan yang pas, cara gampangnya
tinggal cari tutub oli variasi yang biasanya ada selang tambahan,..sayangnya
tutup oli khas Suzuki itu ngegunain drat halus en cukup jarang di temuin di
toko variasi…hadeuh ini salah satu kendalanya broth, buad PR di laen waktu aja
deh :D
lo pikir satria f punya radiator,, itu mah oil cooler bukan radiator...
ReplyDeleteOil cooler cuma nama kerenny aje broh,sm aje ente nyebut water cooler..radiator lebi umum buad orang awam -_-
Deletebanyak bacot u toke....hargain apa yang udah orang tulis.....u kira bapak u jendral.!!! banyak bacot ilmu kaga ada u....
Deletehahaha..gpp bro..keep calm ajah :D
DeleteApa itu radiator ?????
DeleteRadiator adalah alat untuk menstabilkan suhu pada mesin agar panas yang dihasilkan saat mesin menyalah dapat direda, radiator dibagi 2 yaitu water cooler dan oil cooler, kinerja masing-masing sama mensirkulasikan panas, walaupun kinerja water cooler lebih baik dari pada oil cooler karena mengggunakan air sedangkan oil cooler menggunakan oli mesin untuk mensirkulasikan panas, tetapi cukup baik dari pada yang tidak ada pendingin mesinya
salam otomotif ;) lebih baik diam dibandingkan sok tau
Nah :D
Deletebisa diaplikasikan dimotor lain gak yah ini? :D hehehe
ReplyDeletebisa kekny bro, secara ini kan dayanya kecil banget..asal paham konsep kelistrikan motor aj.. :D
ReplyDeleteboleh juga di tambah ptc/thermo switch
ReplyDeleteApa gk konslet tu kipas nya?? Jika terlena air.?? Kan itu kipas pendingin CPU
Deletegak siy gan..aman aja, kcuali kalao kabelnya kena panas dari radiatornya...makanya kudu di selipin serapih mungkin
Deletebang kalau untuk harganya brpa yahh bsa gk pke kipas komputer kan sma tuhh ?
ReplyDeleteyang di pake emang kipas dari cassing CPU sob...murah koq cuma 7-10rebu satu biji..
DeleteKo muter nya pelan y bro.
DeleteBiar kenceng gimana.
Pake yg DC atau AC
klo dr kelistrikan siy emg d saranin pk arus langsung dari Klakson karena udah termasuk gede..nah tinggal kipasnya aja cari yang RPM nya gede juga..bisa ambil dari casing PC
DeleteBro itu berarti kalau kunci kontaknya on itu fan nya langsung nyala dong?
ReplyDeletebetul sekali gan..jdnya klo emg lg panas banget, matiin mesin tanpa matiin kontak, dan kipas pun nyalah..cukup signifikan nurunin panas yg ada di oil coolernya
DeleteDi akalin lagi make saklar bisa lah.. bisa kabel yang plus nya ke kontak langsung, ground (-) nya ke body juga bisa, pas yang ground(-) di bagi dua, 1 kabel dari kipas nya ke saklar, 1 lagi dari saklar ke body atau ground.
ReplyDeleteMaaf yah Om .. saran aja ane mah
bisa kok om, ane jg dah pernah coba pake saklar..cmn ane emg pengen otomatis nyala aja klo di kontak, toh dayanya juga kecil ..hehe
DeleteNah...kl motornya lg dicuci apa ga kena air tu.apa hrs dicopot dl kipasnya.
ReplyDeletewater resist kok gan...asal jgn di tenggelemin aja sm motor"mnya...hahhaha
Deletetp kok masih janggal di dinamo kipasnya tuh, walaupun kabelnya tertutup, tp di bagian dinamonya masih bisa konslet tuh bang kalau kena air, apalagi kalau pas hujan,,
ReplyDeletesejauih ini siy blom pernah koslet biarpun keujanan..klo mati karena kabel putus lebih sering kejadian habis di steam..karena yang nyeteam maen sodok aja bagian situ tanpa liad ada kabel..hehe
DeleteGood job gan
ReplyDeleteSebelum dikasih fan, oilcoolernya dikasih cover gk? Kan gampang bengkok
ReplyDeletegak perlu broh
Delete