Well akhirnya setelah sempat lama
menunggu buad test Ride sang kuda besi anyar besutan Yamaha yang satu ini, dan
kesampean jugaaaa! Walaupun kali ini ane test ride Cuma dengan modal nekat,
pasalanya hingga hari ini terhitung saat pertengahan Juni motor sampai kerumah,
stnk dan plat nopol pun di prediksi belum bisa ane dapetin paling telad hingga
minggu depan, hadeuh…akhirnya mau tak mau modal nopol si efyou ane beraniin
diri bawa si Xride mengaspal di Jakarta. Sebenarnya bukan tanpa sebab atau
karena Cuma pengen sekedar nyoba bawa niy motor, soalnya si efyou saat ini
kondisi akinya lagi drop alias soak, jadine daripada terjadi hal yang tak di
inginkan di jalan mendingan ane ubah haluan nyemplak si xride buad sementara.
Dan kali ini udah hari ke 4 ane
riding niy motor dari rumah ke kantor, impressi pertama yang ane rasain pas
bawa niy motor naklukin aspal ibukota adalah gagah tenan, wajar saja karena
base on motor ini memang sudah terlihat tinggi dari sananya. Terlebih lagi ane
udah mengubah si karet bundar ke profil yang cukup gambot, zeneos ZN 62 ane
pilih sebagai alas kaki si x ride saat ini..Ane memang sedari dulu ngidam
banget sama ini ban, tadinya pengen coba jajal di FU tetapi apa daya ternyata
pilihan kendaraan harian sudah jatuh ke xride jadinya niat tersebut ane
urungkan dulu sementara deh. Profil ban depan ngegunain ukuran 90/80 alias naek
2 step dari ukuran standar yang kecil banget yakni 70/90..sedangkan belakang
naik 1 step di bagian tinggi ban yakni profil 100/80 yang tadinya ada di angka
100/70. Hasilnya pun motor dilihat jadi tambah gambot bin kekar yang bikin
impresif adalah tinggi motor pun bertambah sekian senti yang pasti, jadi makin
aman klo liwat jalan lubang or polisi tidur yang tinggi menantang.
Oke review Yamaha xride kali ini
mencakup beberapa elemen penting seperti Handlling,Performa mesin hingga
durabilitas sockbrekernya yang terkenal bandel..well langsung saja nyok ah ane
jabarin:
- Handling
Dari sisi handling sebenarnya
motor ini sangat nyaman di kendarai broh, stangnya cukup lebar dengan tinggi
agak lumayan jika dibandingkan dengan stang metik sejenis seperti fino. Rasa
pede menyeruak ketika sedang berada di trek lurus, tetapi pada saat di tikungan
motor terasa limbung ke kiri alias ngebuang di bagian depan (padahal ban depan
dah naek 2 step,wew)., bisa dibilang lean angle yang ane ambil tidak terlau
miring broh. Tetapi untuk urusan belok ke kanan cukup nyaman dan stabil di
bagian belakang, terlebih lagi ane udah tambahin breket box motor..tetapi ane
gak rasain gejala stang gredek pada saat ane lepas tangan, itu berarti center
gravity motor ini cukup baik. salah satu hal yang membuat sisi handling agak
kacau balau adalah di bagian stang, setelan stangnya memang agak stif tetapi
hal ini yang membuat ane gak nyaman, roda depan menyentuh jalan rusak atau
lubang, getaran dan hentakan yang di rasakan cukup menggangu dan terkadang
bikin tangan cepat pegal karena efeknya. Untuk pengereman sendiri ane rasa
cukup pakem di karenakan disc nya
sendiri memang mempunyai ukuran yang jauh lebih besar jika di bandingkan dengan
disc brake metic lain yang sejenis,untuk urusan shock depan sendiri patut ane
acungi jempol, empuk stabil dan nyaman tenan lho!
- Performa
Beralih ke sisi performa, dapur
pacu 115cc tentu saja membuat mesin motor ini jadi jauh lebih unggul jika di bandingkan
dengan mio J atau New Fino sekalipun, walaupun untuk ukuran basis mesinnya
11-12 tetapi untuk urusan tarikan bawah di akui Xride lebih responsive,
sepertinya penggunaan roller ringan ikut memberikan andil atas entengnya kitiran
mesin di putaran bawah..sayangnya menurut ane pribadi tarikan bawah Honda Beat
FI sepertinya jauh lebih ganas, hehehe..tapi yasudlah maklum namanya juga motor
masih tahap inreyen jadinya gak bisa di jadiin patokan banget apakah mesinnya
dah cukup kompetitif apa belum buad di siksa sehari-hari. So masih bisa di ma’fu
lha soal urusan mesin, satu hal minus yang ane rasa beberapa hari ini mungkin
ada di sektor rumah cvt, seperti biasa dari bagian sini terdengan rauman belt
yang sangat mengganggu, bisa dibilang ini seperti bunyi getaran mesin RPM tinggi..tapi
di blogsphere ane menyebutnya dengan suara ”Ngorok”,,hahhahaha, tapi yasudah di
maklumin lagi..jadiin PR aja nanti buad service pertama! Owh ya beralih ke sisi
konsumsi bensinnya, ane Cuma bisa bilang ini motor mayan Boros jika di
bandingkan dengan Suzuki Nex ane di rumah..konsumsinya jika di takar kurang
lebih sama seperti satria fu ane yang udah berumur 8 tahun..mungkin
perbandingannya 1:30 untuk seliter pertamax! Boros kah??? Ah namanya juga
metic..hehehe
- Durabilitas Shockbreker
Oke di bagian terakhir ane Cuma pengen
berOpini singkat di sektor yang satu ini, beberapa hari ngebetot ini motor
ngelewatin berbagai macem jalan dari yang soft hingga ekstrim sekalipun, ane Cuma
bisa bilang Shockbreker belakangnya berasa Kerasssssssssss, bahkan ketika ane
coba full loaded dengan membonceng anak bini plus bawa box motor dengan kurang
lebih beban 5-6kg, shocknya sangat pelit berinteraksi, rebound yang di rasa
sangat seadanya..mungkin setelan shock nya sendiri Very Hard kale ya? Apa ini Cuma
asumsi ane aja karena ane sendiri sudah mengganti ban ke ukuran yang lebih
tebal plus setelah angin yang padat…nah perlu komparasi dengan sesama Xride
lagi niy keknya buad urusan shock belakang,karena ane kedapatan beberapa user
xride yang ada di Fanpage nya mengaku shock mereka memang terlampau keras,
bahkan seperti shock yang udah mati karena gak ada rebound (tendangan balik) sama
sekali..well skip comment dulu sementara deh
Okeh di rasa itu aja yang mau ane
share sementara ini, nanti klo ada perubahan dari sisi pemakaian bakal ane coba review Yamaha xride nya lagi deh..yang jelas ane cukup puas even dari sisi
Performa dan Durabilitas shockbrekernya sedikit di bawah ekspektasi ane selama ini,
tapi yasudah di nikmatin aja dulu sementara..sapa tau nanti ada perubahan lagi
buad kedepannya…
Semoga berguna, Ciaooooooooo
bro.. ban nya ga sesuai recoomend sesepuh sesepuh di kaskus bro.. sesepuh bilang ban depan 80/90 dan ban belakang 110/80 bro..
ReplyDeletemasalahnya ban zeneos gak ada ukuran segitu bro
DeleteMo tanya nich mas Bro yg baik hati dn murah senyum klo ban belakang x~Ride diganti lebih besar dri ukuran yg standar 100/70 menjadi 100/80 atau 110/80 apakah waktu boncengan ban tsb tdk terjepit atau mengganggu yg lain ?
ReplyDeletekalau untuk ban belakang sama sekali gk ada masalah koq gan, tapi untuk ban depan jika di ganti lebih dari 80 atau 90 pasti kena spakbor
Delete