5 March 2014

Tingkatkan Performa Satria FU Dengan Metode 3 Pilar ( Part 2)

Yap menyambung artikel selanjutnya tentang Tingkatkan Performa Satria FU Dengan Metode 3 Pilar, sekarang kita coba bahas yuk satu persatu apa saja yang harus ente siapin buad ngeUpgrade Performa Satria FU dengan pergantian beberapa parts penting di dalamnya, langsung aja broh ini susunannya :
  • Sistem Pengapian:
Nah bagian yang paling penting dari 3 pilar disini bagi ane adalah system pengapian, karena jika kita langsung merubah system pengabutan dan system pembuangan tanpa adanya rubahan di system pengapian, hal tersebut menjadi “Kentang” adanya! Buad membuat system pengapian bekerja sempurna, tentunya ente perlu merubah parts CDI standar ke tipe CDI Unlimit / Racing, hal ini bertujuan agar nafas si FU menjadi jauh lebih panjang dari biasanya, dan jarum RPM pun bisa dengan mudah melenggang melewati RedLine terlarang. CDI Racing sendiri ada beberapa jenis, ada yang Unlimit Standar  dan Optional, jika yang standar tidak perlu melakukan customisasi apa-apa broh..tinggal pasang langsung jreeeng..nah khusus yang optional, ente kudu menyeting Maping pengapian yang tepat menurut karakteristik mesin ente, tentunya parts penunjang lain seperti Koil Racing dan Busi Racing wajib ente ganti juga biar hasil yang di dapat lebih juozzzz! Berikut Beberapa Parts Pengapian yang bisa ente coba:
  1. CDI : BRT,Shindengen,Rextor,Cheetah,Predator,XP,Dll
  2. Koil : YZ,TDR,RX,Blue Thunder,XP,RM,Dll
  3. Busi : Denso Iridium, NGK iridium, SpeedFire,TDR,dll
*Sesuaikan dengan setingan pengapian / Maping pada CDI
  • Sistem Pengabutan:
Nah pada system yang satu ini juga merupakan langkah penting buat ngedongkrak kitiran napas si Satria FU, tentunya setelah perubahan di system pengapian..sistem pengabutan juga perlu di benahi, tujuannya siy agar tenaga yang terkail dari putaran bawah hingga putaran atas / RPM RedLine bisa dengan mudah di capai! Nah jika di motor injeksi kita mengenal yang namanya Injektor, di motor biasa kita mengenal yang namanya Karburator! Fungsi karburator sendiri adalah sebagai salah satu ruang “memasak” antara udara dan bensin. Tentunya untuk memasak makanan yang enak kita butuh dapur yang bisa menunjang kegiatan masak memasak itu sendiri donk, nah pada system pengabutan Standar satria FU, jenis karburator yang di gunakan masih mengadopsi tipe Vakum dengan ukuran 26mm, ukuran segitu dengan metode vakum sebenarnya sudah cukup mumpuni untuk keperluan riding sehari-hari, tetapi sayangnya untuk urusan masak memasak udara dan bensin masih sangat kurang broh.

Solusinya ente harus mengganti karburator tersebut dengan tipe Jarum / PE dengan ukuran venture di atas 26mm, tujuannya agar mekanisme pengabutan pada karburator menjadi 2x lebih cepat dan kaya akan udara! Kelar mengganti karburator dengan tipe tersebut, ente juga harus bisa menyeting ulang ukuran PJ dan MJ dengan porsi yang pas, disinilah seninya broth jika menggunakan motor karburator :D. Kelar mendapatkan ukuran PJ dan MJ yang pas dan manipold juga harus lebih alus dan landai, ente juga tak lupa harus mengganti Air Filter / Saringan udara dengan yang lebih baik.
  1. Penggantian di system pengabutan sendiri meliputi parts seperti berikut :
  2. Karburator : Keihin, Mikuni, TDR, Koso,Sudco,PWK,Dll..ukuran bisa dicoba mulai dari 28mm – 32mm untuk kebutuhan harian, lebih dari ukuran tersebut motor akan terasa boros dan cepat panas
  3. Air Filter : TDR,Ferrox,K&N,dll
  • Sistem Pembuangan


  
Nah inilah fase terakhir dari system 3 pilar yang harus ente ganti pada motor satria fu, Knalpot sendiri perananya sebagai saluran gas buang yang ada pada mesin motor kita broh..jika saluranya kecil..jangan harap ente bakal mendapatkan tendangan balik tenaga yang besar dari system Exhaust tersebut! Knalpot aftermarket yang di jual  di pasaran pun beraneka ragam, mulai dari yang jenisnya FreeFlow, Semi Flow, Hingga silent series. Tentunya buad menunjang feedback gas buang yang besar, ente membutuhkan knalpot dengan tipe FreeFlow berkualitas baik pula.
  1. Knalpot Freeflow yang bisa ente coba : DBS Series, R9, WRX,RX8,Lone Rider,TDR,
  2. Semi Freeflow :  Standar Bobokan,Knalpot Custom & Pipa Racing Tsukigi / PitsBike, Nobi Silent Series
Oke ane rasa itu aja yang mau share mengenai 3 pilar penting pada Satria FU, jika anda dari bro-bro yang ingin menambahkan, monggo..kita diskusi dan share ilmu mengenai cara Tingkatkan Performa Satria FU Dengan Metode 3 Pilar disini, semoga bisa menjadi lebih berguna buad para pembaca

Salam FU’ers

No comments:

Post a Comment