Yap menyambung artikel
selanjutnya tentang Tingkatkan Performa Satria FU Dengan Metode 3 Pilar, sekarang kita coba bahas yuk satu
persatu apa saja yang harus ente siapin buad ngeUpgrade Performa Satria FU dengan
pergantian beberapa parts penting di dalamnya, langsung aja broh ini susunannya
:
- Sistem Pengapian:
Nah bagian yang paling penting
dari 3 pilar disini bagi ane adalah system pengapian, karena jika kita langsung
merubah system pengabutan dan system pembuangan tanpa adanya rubahan di system pengapian,
hal tersebut menjadi “Kentang” adanya! Buad membuat system pengapian bekerja
sempurna, tentunya ente perlu merubah parts CDI standar ke tipe CDI Unlimit /
Racing, hal ini bertujuan agar nafas si FU menjadi jauh lebih panjang dari
biasanya, dan jarum RPM pun bisa dengan mudah melenggang melewati RedLine
terlarang. CDI Racing sendiri ada beberapa jenis, ada yang Unlimit Standar dan Optional, jika yang standar tidak perlu
melakukan customisasi apa-apa broh..tinggal pasang langsung jreeeng..nah khusus
yang optional, ente kudu menyeting Maping pengapian yang tepat menurut
karakteristik mesin ente, tentunya parts penunjang lain seperti Koil Racing dan
Busi Racing wajib ente ganti juga biar hasil yang di dapat lebih juozzzz! Berikut
Beberapa Parts Pengapian yang bisa ente coba:
- CDI : BRT,Shindengen,Rextor,Cheetah,Predator,XP,Dll
- Koil : YZ,TDR,RX,Blue Thunder,XP,RM,Dll
- Busi : Denso Iridium, NGK iridium, SpeedFire,TDR,dll
*Sesuaikan dengan setingan pengapian / Maping pada CDI
- Sistem Pengabutan:
Nah pada system yang satu ini
juga merupakan langkah penting buat ngedongkrak kitiran napas si Satria FU,
tentunya setelah perubahan di system pengapian..sistem pengabutan juga perlu di
benahi, tujuannya siy agar tenaga yang terkail dari putaran bawah hingga
putaran atas / RPM RedLine bisa dengan mudah di capai! Nah jika di motor
injeksi kita mengenal yang namanya Injektor, di motor biasa kita mengenal yang
namanya Karburator! Fungsi karburator sendiri adalah sebagai salah satu ruang “memasak”
antara udara dan bensin. Tentunya untuk memasak makanan yang enak kita butuh
dapur yang bisa menunjang kegiatan masak memasak itu sendiri donk, nah pada system
pengabutan Standar satria FU, jenis karburator yang di gunakan masih mengadopsi
tipe Vakum dengan ukuran 26mm, ukuran segitu dengan metode vakum sebenarnya
sudah cukup mumpuni untuk keperluan riding sehari-hari, tetapi sayangnya untuk
urusan masak memasak udara dan bensin masih sangat kurang broh.
Solusinya ente harus mengganti
karburator tersebut dengan tipe Jarum / PE dengan ukuran venture di atas 26mm,
tujuannya agar mekanisme pengabutan pada karburator menjadi 2x lebih cepat dan
kaya akan udara! Kelar mengganti karburator dengan tipe tersebut, ente juga
harus bisa menyeting ulang ukuran PJ dan MJ dengan porsi yang pas, disinilah
seninya broth jika menggunakan motor karburator :D. Kelar mendapatkan ukuran PJ
dan MJ yang pas dan manipold juga harus lebih alus dan landai, ente juga tak lupa harus mengganti Air Filter / Saringan udara
dengan yang lebih baik.
- Penggantian di system pengabutan sendiri meliputi parts seperti berikut :
- Karburator : Keihin, Mikuni, TDR, Koso,Sudco,PWK,Dll..ukuran bisa dicoba mulai dari 28mm – 32mm untuk kebutuhan harian, lebih dari ukuran tersebut motor akan terasa boros dan cepat panas
- Air Filter : TDR,Ferrox,K&N,dll
- Sistem Pembuangan
Nah inilah fase terakhir dari system
3 pilar yang harus ente ganti pada motor satria fu, Knalpot sendiri perananya sebagai
saluran gas buang yang ada pada mesin motor kita broh..jika saluranya
kecil..jangan harap ente bakal mendapatkan tendangan balik tenaga yang besar
dari system Exhaust tersebut! Knalpot aftermarket yang di jual di pasaran pun beraneka ragam, mulai dari
yang jenisnya FreeFlow, Semi Flow, Hingga silent series. Tentunya buad
menunjang feedback gas buang yang besar, ente membutuhkan knalpot dengan tipe
FreeFlow berkualitas baik pula.
- Knalpot Freeflow yang bisa ente coba : DBS Series, R9, WRX,RX8,Lone Rider,TDR,
- Semi Freeflow : Standar Bobokan,Knalpot Custom & Pipa Racing Tsukigi / PitsBike, Nobi Silent Series
Oke ane rasa itu aja yang mau
share mengenai 3 pilar penting pada Satria FU, jika anda dari bro-bro yang
ingin menambahkan, monggo..kita diskusi dan share ilmu mengenai cara Tingkatkan Performa Satria FU Dengan Metode 3 Pilar
disini, semoga bisa menjadi lebih berguna buad para pembaca
Salam FU’ers
No comments:
Post a Comment