14 August 2014

Review Yamaha Xride, Gagah en Beda!!!

Well akhirnya setelah sempat lama menunggu buad test Ride sang kuda besi anyar besutan Yamaha yang satu ini, dan kesampean jugaaaa! Walaupun kali ini ane test ride Cuma dengan modal nekat, pasalanya hingga hari ini terhitung saat pertengahan Juni motor sampai kerumah, stnk dan plat nopol pun di prediksi belum bisa ane dapetin paling telad hingga minggu depan, hadeuh…akhirnya mau tak mau modal nopol si efyou ane beraniin diri bawa si Xride mengaspal di Jakarta. Sebenarnya bukan tanpa sebab atau karena Cuma pengen sekedar nyoba bawa niy motor, soalnya si efyou saat ini kondisi akinya lagi drop alias soak, jadine daripada terjadi hal yang tak di inginkan di jalan mendingan ane ubah haluan nyemplak si xride buad sementara. 


Dan kali ini udah hari ke 4 ane riding niy motor dari rumah ke kantor, impressi pertama yang ane rasain pas bawa niy motor naklukin aspal ibukota adalah gagah tenan, wajar saja karena base on motor ini memang sudah terlihat tinggi dari sananya. Terlebih lagi ane udah mengubah si karet bundar ke profil yang cukup gambot, zeneos ZN 62 ane pilih sebagai alas kaki si x ride saat ini..Ane memang sedari dulu ngidam banget sama ini ban, tadinya pengen coba jajal di FU tetapi apa daya ternyata pilihan kendaraan harian sudah jatuh ke xride jadinya niat tersebut ane urungkan dulu sementara deh. Profil ban depan ngegunain ukuran 90/80 alias naek 2 step dari ukuran standar yang kecil banget yakni 70/90..sedangkan belakang naik 1 step di bagian tinggi ban yakni profil 100/80 yang tadinya ada di angka 100/70. Hasilnya pun motor dilihat jadi tambah gambot bin kekar yang bikin impresif adalah tinggi motor pun bertambah sekian senti yang pasti, jadi makin aman klo liwat jalan lubang or polisi tidur yang tinggi menantang.

Oke review Yamaha xride kali ini mencakup beberapa elemen penting seperti Handlling,Performa mesin hingga durabilitas sockbrekernya yang terkenal bandel..well langsung saja nyok ah ane jabarin:


  • Handling

Dari sisi handling sebenarnya motor ini sangat nyaman di kendarai broh, stangnya cukup lebar dengan tinggi agak lumayan jika dibandingkan dengan stang metik sejenis seperti fino. Rasa pede menyeruak ketika sedang berada di trek lurus, tetapi pada saat di tikungan motor terasa limbung ke kiri alias ngebuang di bagian depan (padahal ban depan dah naek 2 step,wew)., bisa dibilang lean angle yang ane ambil tidak terlau miring broh. Tetapi untuk urusan belok ke kanan cukup nyaman dan stabil di bagian belakang, terlebih lagi ane udah tambahin breket box motor..tetapi ane gak rasain gejala stang gredek pada saat ane lepas tangan, itu berarti center gravity motor ini cukup baik. salah satu hal yang membuat sisi handling agak kacau balau adalah di bagian stang, setelan stangnya memang agak stif tetapi hal ini yang membuat ane gak nyaman, roda depan menyentuh jalan rusak atau lubang, getaran dan hentakan yang di rasakan cukup menggangu dan terkadang bikin tangan cepat pegal karena efeknya. Untuk pengereman sendiri ane rasa cukup pakem  di karenakan disc nya sendiri memang mempunyai ukuran yang jauh lebih besar jika di bandingkan dengan disc brake metic lain yang sejenis,untuk urusan shock depan sendiri patut ane acungi jempol, empuk stabil dan nyaman tenan lho! 

  • Performa
Beralih ke sisi performa, dapur pacu 115cc tentu saja membuat mesin motor ini jadi jauh lebih unggul jika di bandingkan dengan mio J atau New Fino sekalipun, walaupun untuk ukuran basis mesinnya 11-12 tetapi untuk urusan tarikan bawah di akui Xride lebih responsive, sepertinya penggunaan roller ringan ikut memberikan andil atas entengnya kitiran mesin di putaran bawah..sayangnya menurut ane pribadi tarikan bawah Honda Beat FI sepertinya jauh lebih ganas, hehehe..tapi yasudlah maklum namanya juga motor masih tahap inreyen jadinya gak bisa di jadiin patokan banget apakah mesinnya dah cukup kompetitif apa belum buad di siksa sehari-hari. So masih bisa di ma’fu lha soal urusan mesin, satu hal minus yang ane rasa beberapa hari ini mungkin ada di sektor rumah cvt, seperti biasa dari bagian sini terdengan rauman belt yang sangat mengganggu, bisa dibilang ini seperti bunyi getaran mesin RPM tinggi..tapi di blogsphere ane menyebutnya dengan suara ”Ngorok”,,hahhahaha, tapi yasudah di maklumin lagi..jadiin PR aja nanti buad service pertama! Owh ya beralih ke sisi konsumsi bensinnya, ane Cuma bisa bilang ini motor mayan Boros jika di bandingkan dengan Suzuki Nex ane di rumah..konsumsinya jika di takar kurang lebih sama seperti satria fu ane yang udah berumur 8 tahun..mungkin perbandingannya 1:30 untuk seliter pertamax! Boros kah??? Ah namanya juga metic..hehehe

  • Durabilitas Shockbreker



Oke di bagian terakhir ane Cuma pengen berOpini singkat di sektor yang satu ini, beberapa hari ngebetot ini motor ngelewatin berbagai macem jalan dari yang soft hingga ekstrim sekalipun, ane Cuma bisa bilang Shockbreker belakangnya berasa Kerasssssssssss, bahkan ketika ane coba full loaded dengan membonceng anak bini plus bawa box motor dengan kurang lebih beban 5-6kg, shocknya sangat pelit berinteraksi, rebound yang di rasa sangat seadanya..mungkin setelan shock nya sendiri Very Hard kale ya? Apa ini Cuma asumsi ane aja karena ane sendiri sudah mengganti ban ke ukuran yang lebih tebal plus setelah angin yang padat…nah perlu komparasi dengan sesama Xride lagi niy keknya buad urusan shock belakang,karena ane kedapatan beberapa user xride yang ada di Fanpage nya mengaku shock mereka memang terlampau keras, bahkan seperti shock yang udah mati karena gak ada rebound (tendangan balik) sama sekali..well skip comment dulu sementara deh

Okeh di rasa itu aja yang mau ane share sementara ini, nanti klo ada perubahan dari sisi pemakaian bakal ane coba review Yamaha xride nya lagi deh..yang jelas ane cukup puas even dari sisi Performa dan Durabilitas shockbrekernya sedikit di bawah ekspektasi ane selama ini, tapi yasudah di nikmatin aja dulu sementara..sapa tau nanti ada perubahan lagi buad kedepannya…

Semoga berguna, Ciaooooooooo

4 comments:

  1. bro.. ban nya ga sesuai recoomend sesepuh sesepuh di kaskus bro.. sesepuh bilang ban depan 80/90 dan ban belakang 110/80 bro..

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalahnya ban zeneos gak ada ukuran segitu bro

      Delete
  2. Mo tanya nich mas Bro yg baik hati dn murah senyum klo ban belakang x~Ride diganti lebih besar dri ukuran yg standar 100/70 menjadi 100/80 atau 110/80 apakah waktu boncengan ban tsb tdk terjepit atau mengganggu yg lain ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk ban belakang sama sekali gk ada masalah koq gan, tapi untuk ban depan jika di ganti lebih dari 80 atau 90 pasti kena spakbor

      Delete