17 May 2018

Cara Membuat Keripik Singkong Balado Cabai Hijau


Cara Membuat Keripik Singkong


Keripik singkong adalah jajanan yang paling banyak diminati. Saat ini banyak produsen yang berlomba-lomba untuk menjual keripik singkong dengan berbagai rasa dan tampilan yang berbeda. Keripik singkong sering menjadi camilan wajib saat berkumpul dengan orang-orang terdekat. Keripik ini mudah ditemukan di mana saja.



Keripik singkong saat ini sudah dikemas dengan tampilan yang lebih modern. Jika Anda bermain ke pasar swalayan jangan heran terdapat jajaran keripik singkong dari berbagai produsen berbeda. Keripik singkong modern ini juga sering disebut salah satu jenis chiki. Chiki sendiri identik dengan makanan yang gurih dan renyah.

Selain gurih dan renyah juga menonjolkan bentuk kemasan yang sama. Banyaknya produsen baru yang muncul membuat persaingan semakin ketat. Mereka memang menggunakan bahan dasar yang sama, yaitu singkong. Namun, terdapat tambahan rasa yang membuat masing-masing keripik berbeda. 

Rasa keripik singkong yang sering ditemukan adalah balado, keju, jagung, dan lain-lain. Rasa balado ini terbagi lagi menjadi dua, yaitu menggunakan bubuk atau padanan sambal dan gula pasir. Biasanya yang lebih banyak menggunakan bumbu bubuk pedas. Sedangkan untuk jenis kedua salah satu contoh keripik yang sudah terkenal adalah keripik sanjai dari Padang.



Berbicara rasa balado, sebenarnya tidak hanya menggunakan cabai merah lho. Selain cabai merah, Indonesia juga memiliki jenis cabai hijau. Cabai hijau sendiri juga jarang dijadikan sebagai rasa keripik singkong. Hal itu dapat menjadi terobosan baru untuk Anda berbisnis. Jangan bingung untuk membuatnya. Saat ini sudah banyak tersedia resep keripik singkong balado hijau seperti di bawah ini.

Resep Keripik Singkong Balado Cabai Hijau

Bahan utama
·         1kg singkong yang sudah dikupas dan diiris tipis
·         Secukupnya air untuk merendam singkong
·         1sdt kapur sirih
·         1 liter minyak goreng

Bahan sambal
·         ¼ kg cabai hijau
·         10bh cabai rawit (jika kurang pedas)
·         5 siung bawang putih
·         3 siung bawang merah
·         Secukupnya garam
·         3sdm gula pasir
·         Secukupnya penyedap rasa
·         4bh jeruk nipis ukuran sedang yang sudah diperas 

Langkah-langkah
1.      Rendam singkong dengan air kapur sirih selama 1 jam. Setelah itu, bilas menggunakan air bersih, lalu tiriskan.
2.      Goreng dalam minyak panas sampai kering, kemudian tiriskan. Agar seluruh permukaan keripik terendam, Anda bisa memanfaatkan deep fryer untuk hasil yang lebih maksimal.
3.      Berikutnya sambal. Haluskan cabai hijau, cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih. Jika tidak terlalu menyukai pedas, Anda bisa menanggalkan cabai rawit.
4.      Lalu tumis bumbu halus tersebut sampai aromanya tercium harum. Tambahkan garam, gula pasir, dan air jeruk nipis. Jika Anda biasa menggunakan penyedap rasa silakan gunakan secukupnya.
5.      Setelah bumbu matang, kecilkan api, kemudian masukkan keripik singkong ke bumbu tersebut. Lalu aduk hingga merata ke seluruh bagian keripik singkong.
6.      Jika sudah merata, matikan api kompor. Keripik singkong balado cabai hijau siap dihidangkan!

Memiliki rasa baru dan berbeda dari yang lainnya tentu akan menjadikan produk Anda cepat dikenal. Para pelanggan akan merasa tertarik mencoba produk Anda. Belum lagi jika nyatanya rasa keripik singkong Anda lezat. Para pelanggan tersebut secara tidak sengaja akan memberikan rekomendasi ke kerabatnya. Dengan begitu, camilan keripik singkong Anda akan cepat dikenal.



Selain rasa, kemasan juga harus diperhatikan. Kemasan adalah hal yang pertama kali dilihat oleh konsumen. Kemasan yang menarik tentu akan menjadi pilihan utama pelanggan. Ini tidak hanya berlaku pada keripik singkong lho. Tetapi untuk semua produk yang akan dijual. Untuk itu, kembangkan kreatif Anda yaa!

No comments:

Post a Comment