7 October 2014

4 Bahan Kemasan Berbahaya Untuk Di Gunakan Membungkus Makanan!


Plastik Vakum - Yang namanya kemasan memang di peruntukan untuk melindungi dan mengemas sesuatu di dalam sebuah wadah, tetapi apa yang terjadi jika ternyata kemasan tersebut dapat membahayakan kesehatan ente? Kemasan pada setiap makanan yang di jual biasanya mempunyai fungsi yang sangat variasi, ada yang mempunyai fungsi sebagai sarana promosi, sebagai syarat pengawetan hingga sebagai material pelindung utama dari hal-hal yang bisa merusak isi kemasan. Tapi yang perlu ingat bahwa tak semua bahan kemasan makanan aman untuk ente gunakan, inilah beberapa jenis material bahan kemasan yang harus ente waspadai :
  •     Kertas -  Kertas sejatinya tidak pernah di anjurkan untuk di jadikan bahan kemasan makanan, terlebih lagi jika kertas di gunakan sebagai bahan primer (pembungkus utama). Kertas pada umumnya mengandung bahan Timbal yang melebihi batas yang di tentukan. Keracunan timbal pada kertas ini biasanya menyerang beberapa organ tubuh seperti, Ginjal, Hati, Otak, Saraf dan tulang.
  •     Styrofoam – Bahan yang satu ini sangat populer belakangan ini sebagai salah satu alat pengemas dalam industri kuliner tanah air. Di balik fungsinya yang sangat baik sebagai media pembungkus makanan, ternyata styrofoam mengandung zat berbahaya bagi tubuh manusia. Styrofoam pada umumnya selalu mengeluarkan efek resiu di karenakan panas pada makanan. Residu ini dapat membuat manusia mengalami gangguan pada sistem reproduksi dan endokrinologikarena bahan kimia karsinogen pada makanan bereaksi terhadap styrofoam.
  •     Kaleng -  Sebenarnya wadah yang satu ini sangat baik untuk menyimpang makanan, terlebih lagi jika sudah melalui tahap sterilisasi sebelum di gunakan., tetapi tahukah ente jika kaleng ternyata memlihara sebuah bakteri berbahaya, yakni Clostridium Botulinum yang bisa menyebabkan tubuh keracunan, bakteri ini biasanya tumbuh di karenakan kemasan kaleng tersebut tidak tertutup secara rapat dan benar.
  •     Plastik Kresek Hitam / Putih / Bening – Pernahkah ente membeli Bakso? Jika makan di tempat mungkin ente akan di suguhkan bakso di dalam sebuah mangkok mie, tetapi tak jarang ada orang yang membelinya untuk di bawa pulang bukan. Nah tak jarang banyak tukang bakso menggunakan plastik kresek sebagai kemasan primer mereka, Plastik kresek jenis ini sangatlah tidak tahan terhadap panas di karenakan kemasan plastik sendiri berasal dari material polytilen yang jika di panaskan / dibakar akan menyebabkan dioksin zat beracun penyebab kanker. Jika ente ingin menggunakan plastik sebagai bahan kemasan maka ada baiknya ente mengunakan Plastik Vakum sebagai media utanmanya.

So memang ada baiknya ketika ente mau beli sesuatu harus di pikirin dulu apakah plastik kemasannya pantas buat di gunakan? Oke semoga berguna

No comments:

Post a Comment