15 October 2014

Daun Pisang Vs Material Plastik, Yang Mana Paling Oke Buat Bungkus Makanan??

Plastik Vakum – Sebaik-baiknya pembungkus adalah Daun pisang, sepertinya kalimat tersebut memang benar adanya, meskipun terkadang kita tak pelak sering merasa jijik apabila makanan yang di sajikan di atas daun pisang itu masih di ragukan kebersihannya. Teknologi pembungkus makanan sendiri memang semakin berkembang dari tahun ke tahun,sebut saja teknologi kemasan makanan dengan menggunakan plastik, styrofoam, alumunium foil, dll...lantas apakah daun pisang tidak sama sekali mempunyai value lebih jika di bandingkan dengan plastik pembungkus zaman sekarang? Tentu saja tidak! Daun pisang sendiri mengandung bahan polifenol dalam jumlah banyak sama seperti halnya yang ada pada daun teh, jadi bisa dibilang makanan apapun yang di sajikan dalam wadah dauh pisang atau di bungkus dengan menggunakan daun pisang (tempe) pasti ketikan di goreng / di olah akan menimbulkan rasa dan aroma yang sangat natural.


Lalu apakah ente pernah melihat tempe di bungkus dengan menggunakan daun pisang? Jika ente pernah pergi ke pasar tumpah / pasar tradisional pastiniya ente akan melihat fenomena unik tersebut. Tempe yang merupakan bahan makanan yang rentan terhadap suhu udara di sekeliling tidak akan mudah busuk jika di bungkus dengan daun pisang. daun pisang  merupakan bahan organik yang memiliki sifat kontaminan alami yang ada pada daunnya. Macam bakteri yang sering ada pada permukaan daun adalah Bacillus cereus, B.Subtilis, Lacotbacillus acidophilus sp., Staphylococcus aureus, S.epidermidis, pseudomonas sp.,Corynebacterium sp.,Micrococcus sp.  . Kandungan polifenol yang terdapat pada daun pisang sama dengan daun teh yang dapat menjadi antioxidant. Antioxidant polifenol dapat mengurangi resiko penyakit jantung, pembuluh darah dan kanker.

Lantas bagaimana efek membungkus makanan dengan bahan plastik di bandingkan membungkus makanan dengan dauh pisang? Jangan khawatir karena tidak semua bahan plastik pembungkus makanan itu berbahaya bagi tubuh ente. Sebut saja Plastik Vakum, plastik jenis ini mempunyai daya tahan yang sangat baik dalam menghalau segala jenis gangguan isi kemasan makanan. Yang tak kalah penting adalah teknologi kedap udara yang di milikinya. Walaupun plastik vakum tak akan bisa sempurna tanpa alat vakum sealer, tetapi jangan khawatir karena ente dapat menggunakan plastik lain dengan jenis berbeda seperti plastik zipper. Meskipun plastik ini tidak bisa melindungi sepenuhnya dalam hal perlindungan udara, tetapi plastik ini sudah lebih dari cukup untuk membuat makanan ente menjadi lebih bersih dan sehat.

So ente pilih mana, daun pisang atau Plastik Vakum?

No comments:

Post a Comment