25 September 2014

Review Sony Pulse Wireless Headset Elite Edition, Suaranya "Mewah!"

Menyambung di artikel sebelumnya mengenai  Sony Pulse Wireless Headset Elite Edition, kali ini ane coba lanjut yaks…oke pertama ane coba unboxing dan mengecek kelengkapan di dalamnya, berikut ini paketan yang di dapatkan :

  • 1 unit Headset
  • 1 Adapter Wireless Bluetooth
  • 1 Cable Jack 3,5mm Audio
  • 2 Manual Book
Bisa dilihat bahwa dalam paket penjualannya gak ada kabel Mini USB buad ngecharge Headset, di tambah lagi gak di lengkapi sama Buku Garansi broh! Waduhhhhh…makanya bisa dibilang jika ente beli niy headset kudu siap kalao ada hal yang gak di inginkan bakal terjadi, pastinya klo mo klaim bakal agak repot..secara Sony Elektronik di indo ini gak menangani secara spesifik urusan Gaming seperti Playstation series dan aksesorisnya. 


Lanjut ke bagian review, dari segi bentuk bisa dibilang ini headset mewarisi tradisi Sony dengan membawa desain yang cukup "Elite" dan maskulin bingits! Material yang di gunakan terkesan premium walau dari sisi finishing ada sedikit minus di bagian header nya dengan aksen doff dan di bagian Earcup casenya dengan sentuhan Glossy Crystal black, mirip seperti permukaan kaca dah..dan efek jeleknya kalao di sentuh ntu ninggalin sidik jari dan cepat kotor. Di bagian earacup sendiri di desain sedemikian nyaman, dengan menggunakan material Kulit yang melapisi permukaan earcup tentunya akan menambah rasa nyaman dan empuk untuk di gunakan dalam pemakaian yang cukup lama. Desain earcupnya sendiri benar-benar di perhatikan sedemikian detail bentuknya, bisa dibilang daun kuping ente akan masuk dengan sempurna untuk ukuran telinga standar..jadi bisa dibilang telinga ente bakal tersegel dengan sempurna dan terasa senyap .




Headset ini emang di konsep dengan sangat matang oleh para desainer sony, hal ini terlihat dari penempatan beberapa button,switcher,port dan Slider di bagian kiri kanan headset ..cekidot:

Bagian kiri :
  • ·         Switch On-Off (Led Indicator)
  • ·         Slider Sound-Voice (MIX)
  • ·         Slider Volume
  • ·         Port Jack 3.5mm
  • ·         Port Mini USB (charger)
  • ·         Mic Button
Bagian Kanan:
  • ·         Slider Bass Impact
  • ·         Button VSS (Virtual Surround Sound)
  • ·         Button Sound Mode
Banyak banget kan control panelnya??dan semua itu di desain sedemikian rupa dalam 2 bagian headset dengan penempatan yang sangat smart.


Oke sekarang lanjut ke sisi Fungsi, Fitur dan Performa suaranya…Pertama ane tes headset ini menggunakan Hp Xperia Z1 Compact dan Ipad mini, tentunya menggunakan cable jack 3.5mm sebagai konektivitasnya. Suara yang di hasilkan bisa dibilang sangat cantik dan detail..tapi untuk sound stage dan settingan bass cukup standar lha dengan setingan standar bawaan pula. Lantas bagaimana dengan fitur bassimpact yang di bangga2kan?? Tidak Berfungsi broh!!! Jika ente mengharapkan headset mengeluarkan kemampuan terbaiknya hanya dengan menggunakan kabel jack 3.5mm nya, maka ente  akan kecewa, karena bisa dibilang headset ini baru bisa unjuk gigi pada saat menggunakan Adapter Wirelessnya broh.  Nah untuk mengakali agar device Hp agan dapat menggunakan fungsi bluetoothny, ente kudu sedikit usaha dan ngeTweak..oke ane bakal ngasih caranya nanti Disini

Oke tahap selanjutnya adalah menggunakan player lain sejenis seperti PC/Laptop, karena ekspektasi sudah kepalang tinggi makan dengan nafsu ane coba setting soundcard di level terbaik dengan surround HD pula, mulailah coba konektivitas wirelessnya menggunakan adapater Bluetooth yang sudah di sediakan, langsung On dan pairing sejenak dengan Headsetnya. Buka Music Player bawaan dan Play, dan hasilnya Its Totally AMAZZZZZZZING!!! Fitur BassImpact padeeeeeeeeeeet bray, dentuman bass yang di hasilkan terdistribusi sangat baik di bagian kiri dan kanan, seolah mengikuti irama dan beat music yang di mainkan, earcup pun berdetak mengikuti alur musiknya, that’s why Sony says this is PULSEEEEE technology! Untuk ukuran headset Wireless, Sony Pulse benar-benar menampilkan kualitas suara yang ciamik dan dengan detail yang sangat tinggi, Dentuman bass nya emang bisa dibilang sangat baik walaupun gak bisa di bilang yang terbaik di karenakan ini platform headset gaming..tetapi suara yang di hasilkan benar-benar detail dan komplit layaknya headset AudioPhile kelas menengah atas

Yang pasti ane gak bisa kasih secara jelas dan lugas..ente kudu jajalin ndiri dah biar di sangka ane gak ngeHoax,wkwkwkwkwk. Smua fitur berfungsi dengan sangat baik, hanya ada 1 fitur yang tetep gak bisa ane rasain yakni mode VSS nya, karena memang sedari awal mode ini hanya di peruntukan untuk Konsol PS3 / PS4 saja..tapi tanpa fitur VSS tersebut ane cukup terpuaskan koq.

Dari sisi fungsi, sebenernya headset ini memang di peruntukan untuk mereka yang menginginkan kesempurnaan dalam bermain game pada konsol PS3 / PS4, bisa dilihat fitur yang di benamkan seperti Suround 7.1 dan VSS nya hanya berfungsi pada saat penggunaan dalam bermain konsol saja. Nah ane sendiri langsung mencoba headset ini pada 2 device saja, jadi belum mengetesnya secara langsung pada konsol, so gak tau performa suara yang di hasilkan pada mesin PS3 dan PS4 seperti apa?

Kesimpulan yang ane dapat dari review singkat ini, bahwa Headset ini sangat bergantung pada Wireless Adapter bawaaanya broh!, jika ente hanya menggunakan jack 3.5mm maka ente hanya akan mendapatkan kualitas suara yang lumayan biasa namun sangat baik jika di bandingkan dengan headset sejenis, tetapi jika ente mengharapkan Sony Pulse Wireless Headset Elite Edition ini mengeluarkan kualitas terbaiknya, maka ente wajib menggunakan Wireless Adapter sebagai konektivitasnya. Sekarang apakah sebanding dengan bandrolnya yang mencapai 1.7 jutaan dengan performa yang ente dapetin?? IMHO, Yeah its Worth!

4 comments:

  1. Gan tanya,berapa lama charge baterenya dan tahan berapa lama setelah dicharge dan dipake?

    ReplyDelete
    Replies
    1. charge kurg lebih 1.5-2jam, untuk lama pemakain tergantung juga dari setingan yang agan pake, misal pake adapter blutut dan setingan bass/pulse di set maximal, nyala nonstop kurang lebih kuat 7-8 jam pemakaian, tapi kmungkinan bisa lebih jika setingannya gak di set maximal, yang jelas klo buad pemakaian di kantor dengan intensitas 2-3 jam on ane bisa sekali charge untuk 3hari.

      IMHO

      Delete
    2. Thanks gan atas replied nya.Oh ya ane punya Gold Headset wireles stere,charge selama 2 jam...tapi dipemakaian cma bisa 5-6 jam.menurut ane yg pulse juga begitu baterenya gak tahan lama.Ane sering menggunakan buat main game PS3 dengan volume suara yg lumayan kencang.Kok agan bisa sampe 7-8 jam penggunaannya,awet banget baterenya?

      Delete
    3. mgkin karena pemakaian ane gak konstan gan karena untuk music only,source ane cm pake PC aj, kurg taw jg klo si Pulse di tandem sm PS3, mgkin lifetime batrenya jg sama.. :D

      Delete