Memang akan terasa konyol namanya
jika Suzuki Roda 2 Indonesia gak memboyong kuda besi anyar mereka Suzuki Gixxer 150 ke
tanah air! Bila melihat sinyalemen ke arah situ memang wajib adanya Suzuki kudu
bawa ini motor buad bersaing secara langsung sama competitor, bila berkaca
dengan produk yang sudah ada memang terasa jauh perbedaannya bro, jangankan
bersaing..jualan aja susah so mana mungkin mengoptimalkan produk yang ada buad
mengeruk market share yang sekarang Cuma sisa 5% lebih dikit aja dari total
penjualan sepeda motor tanah air, yang ada 2-3 taon kedepan MS Suzuki makin
terpuruk di gasak sama geng ijo a.k.a Kawasaki!
Harusnya Suzuki lebih lantang dan
pede untuk membawa motor ini masuk ke Indonesia, jikalau mungkin sekaligus
melakukan masspro di plant mereka di tambun, tentunya hal tersebut bakal
menjadi salah satu strategi paling joss untuk mengenjot lagi penjualan motor
mereka di tahun 2014 ini. Gak usah malu ataupun bertinggi hati, sudah telat memang
bagi Suzuki untuk menjual motor bergenre sport batangan seperti ini ke pasaran,
bukan apa-apa..kompetitor soalnya udah banyak banget melempar produk sejenis
seperti Byson, Vixion, mega pro hingga CB150 dan Verza..so tentunya tantangan
makin berat bin sulit gan!
Strategi paling mungkin adalah
Suzuki melakukan defreensiasi terhadap produk asli india tersebut ketika masuk
ke Indonesia! Cara paling mungkin adalah dengan membandrol harga si Gixxer di
bawah harga competitor, sebut saja untuk ceruk kelas yang sama seperti Byson
dan MegaPro..tentunya secara psikologis masyarakat akan galau di
buatnya..mengapa gak? Tampang fresh Gixxer bisa dibilang jauh lebih menarik
ketimbang Byson dan Megapro yang sudah terlampau mainstream di jalanan.
Selanjutnya dengan melakukan perubahan spek pada sisi Pengereman..pengereman Suzuki Gixxer 150
sendiri saat ini hanya mengandalkan system DiscBrake di bagian depan, dan
Drum/Tromol di bagian belakang..nah jika suzuki mampu membuat system rem
belakang menggunakan RDB, maka tak pelak membuat psikologi calon pembeli Yamaha Byson bakal jauh lebih galau!! Selanjutnya
adalah di system pengabutannya yang masih tergolong konvensional (karbu),
adalah tindakan yang berani jika Suzuki Indo bisa merubah sisi berikut ini ke
teknologi anyar Injeksi, di jamin 3 point td akan membuat Suzuki Gixxer akan
jauh lebih superior ketimbang 2 lawannya! Langkah terakhir adalah dengan menggenjot
sisi promotion atau team marketing mereka agar bisa memperkenalkan Gixxer ke
masyarakat luas beserta dengan nilai jual yang di sebutkan di atas..
Oke ane rasa kedua point tadi
sudah cukup untuk membuat si Gixxer150 ini unjuk gigi di Indonesia, so hasil
akhirnya tentu akan terasa berbeda jika Suzuki Gixxer 150 bisa di branding se bagus
mungkin dan bisa laris di terima oleh pasar Indonesia…
Bagaimana mnurut ente??
No comments:
Post a Comment