23 August 2015

Mini Review Sony MDR XB950BT : Headphone Bluetooth dengan Dentuman Bass Yang Gila Abis!

Well menyambung di artikel sebelumnya (Unboxing Sony MDR XB950BT) kali ini ane mau lanjutin lagi mini review Sony MDR XB950BT , ingat lho bro review ini ane sendiri gak bisa di jadikan patokan apakah Headphone yang di bandrol 1.850-1950ribu ini bagus atau tidak, karena telinga ente dan ane bisa saja berbeda satu sama lain..yang namanya headphone / headset bagus ya tergantung si penggunannya..tapi ane di sini coba memberikan gambaran singkat.


Oke langsung saja, pengujiannya sendiri cukup simple, ane menggunakan beberapa media player sebagai pemutarnya dan tentu saja tanpa menggunakan Ampli portable atau bla bla bla, jujur saja karena tiap player sendiri Outputnya berbeda-beda. Beberapa jenis player yang ane coba seperti Iphone, Ipad, PC, Android (Sony Xperia). Nah dari ke 4 device yang tadi sebut, yang mempunyai player music bawaan paling ok adalah Iphone dan Ipad, bisa dibilang device ini outputnya cukup baik, mgkin chipnya bisa dibilang jauh lebih baik dari Hp Sony Xperia yang ane punya (maklum label walkman nya Cuma gimik doank, gak seperti Player Walkman asliny..hehehe)

Ane mencoba memutar jenis musik HD di kitiran setingan volume tertinggi dengan setelan EQ Default dan kualitas musik Mp3 not Loseless/Flac..bisa dibilang Headphone ini mempunyai Sound Quality yang cukup baik namun kurang detail, karakter suaranya sendiri terdengar cukup Warm,, gak over Trebble namun agak sedikit deep karena memang basic ny headphone ini BassHead..next ane aktivkan fitur BassBoosternya, and Then..Jleeeeb BASS nya maknyosssssssssss...di kitiran volume 90% bassnya udah cukup nabok di kuping dan kepala, drivernya berdetak cukup kencang  seperti kuping di pijit..ane set player ke volume tertinggi 100%, and then? Sedikit mengalami penurunan detail suara karena efek bassnya sangat mendominasi bro tetapi masih cukup bagus hanya saja jadi kurang jernih karena bass terlalu tebal dan bulat


Coba pindah ke player selanjutnya yakni Android (Sony Xperia) nah masukan setelan yang sama dengan metode yang sama pula, terdapat perbedaan yang signifikan memang dengan player yang ada pada Iphone dan Ipad. Player Sony ini bisa dibilang sangat meredam suara agar sound levelnya gak terlalu over yang bisa mengakibatkan kualitas suara menjadi rusak. Bisa dibilang player pada Sony Xperia yang paling kalem output suaranya di banding device lain yang udah pernah ane coba bahkan di banding aplikasi pihak ke 3 sekalipun. Yang paling enak pada player Xperia ini sudah di lengkapi dengan setingan EQ secara manual dan pilihan Sound Stage yang bisa di sesuaikan dengan karakter Headphone yang di pakai. Alhasil jika menggunakan player Sony Xperia output musiknya sudah sangat pas tanpa perlu di acak-acak lagi

Lanjut pindah ke PC, nah kali ini Sound Qualitynya gak terlalu berbeda jauh dengan pertama kali ane coba di i-Device,terbukti perbedaannya gak signifikan. Adapun yang membedakan hanya sebatas Sound Levelingnya aja yang lebih besar volumenya ketimbang di iphone. Kalao di pake buad maen game di jamin rusuh abis broh dentuman ledakannya, gak percaya? buktiin aja dah..hehehe

*Noted : trakhir ane nyoba nyetel by Wired alias ngeGunain kabel jack 3.5mm nya di beberapa device di atas juga, alhasil suara yang di hasilkan cukup baik, suaranya hampir setara dengan koneksi bluetooth namun tanpa efek bass booster. Nah bagi yang gak mau boros batre, nyetel musik by Wired udah sangat cukup bro karena kualitas suaranya emang dah cakep dari sononya, namun konsekuensi yang kudu di tanggung adalah absennya fitur bass booster jika ente terpaksa ngeggunain kabel

Oke dari ketiga player umum yang ane gunain, bisa ane simpulin bahwa Headphone ini memang di peruntukan buat mereka yang Bass Lover banget bro, bass yang di hasilkan Deep, tebal,bulat dan cukup mendentum. Sayang konsukuensi dari Bass yang keliwat gede ntu ya sisi Detail nya jadi gak begitu dapet, ya tapi masih bisa di maklumin koq buat yang kupingnya agak kurang sensitif terhadap frekuensi treble. Jika di bandingin sama Sony Pulse Elite yang dulu ane punya, bisa dibilang karakter dari ke dua headphone ini jauh berbeda. SPE lebih mengutamakan sisi Detail yang luar biasa jernih dan fokus ke Sound Quality yang cukup bagus serta rata dari kiri ke kanan, sedangkan XB950 tertuju pada sound Bass nya yang bisa dibilang cukup ciamik. Jadi tetap saja Xb950 ini menurut ane belum bisa menyaingi SPE pada sisi Sound Quality nya, tapi not bad koq..asal dapet harga murah langsung boyong aja 1, gak bakal rugi..heheh

Skor dr ane :
  • Build Quality : 8
  • Desain : 7.5
  • Comfort : 9
  • Performance : 7.5

Kesimpulan : karakter nya Warm,Sound quality lumayan. Bassnya nampol banget..cocok buat busik yang ngeBeat dan ajeb-ajeb. Selebihnya Good Not the best but worthed to buy banget kalo harganya udah nyentuh 1.5jtan, mengapa? Bassnya gak nahan,sangat jarang ada Headphone Wireless dengan bass level kayak gini, Namun jika ente nemuin Headphone Bluetooth dengan level bass yang setara Xb950BT namun dengan harga yang murah, pasti jarang ada!

Oke semoga berguna

7 comments:

  1. Wah kayaknya keren....klo buat music ama gaming di laptop enak an mana om, XB950BT ato Sony Pulse Elite?
    Pengen cari Bluetooth headphone yg fun dan nyaman dipakai lama...klo ini nyaman ga pemakaian 1-2 jam main game/musik? Thanks...

    ReplyDelete
  2. Kalau untuk gaming sm music, SQ nya lebih enak Sony Pulse Elite, detailnya dapet bgt.. sebaliknya klo mau nyaman, xb950bt d jamin nyaman gan utk pemakaian lama sekalipun..ane dah tested 3 jam lebih tanpa copot...kwkwkkw

    ReplyDelete
  3. Ada info kah untuk pergantian spare part nya? Karena milik saya Ada bagian yang patah.. Terima kasih

    ReplyDelete
  4. Ada bos yg murah pake Bluedio UFO, headphone murah tapi bass nya sama ngerinya dengan suaraa yg lebih detil..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bole tuh gan..tar ane coba cari unit yg bs d coba de kl ke toko :D

      Delete
  5. Salam kenal. I’m new here. Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan. Saya baru saja membeli SONY MDR-XB950BT and mau connect ke PC, jadi berhubung PC tidak punya bluetooth, saya beli bluetooth merk Cliptec (USB DONGLE Ver 4.0 + EDR). Sudah pair, terhubung, tapi kualitas suaranya tidak jernih seperti mendengar lagu dengan bitrate 128kbps. Tapi pada saat pairing dengan smartphone & mp3 player suara jernih. Penggunaan dengan kabel juga jernih. Yang ingin saya tanyakan :
    1. Apakah kualitas Bluetooth Dongle berpengaruh terhadap kualitas suara yang dihasilkan?
    2. Apakah ada settingan tertentu untuk membuat suara sejernih pada saat pairing dengan smartphone?
    Note : sudah coba install driver tapi tetap tidak jernih.
    3. Apa ada saran lain supaya kualitas suara pada saat di pairing ke pc sejernih pada saat dipairing dengan smartphone?
    4. Minta saran bluetooth dongle yang recommended untuk PC.
    Thanks before.

    Regards,
    PinCen

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya jika dongle BT udah 4.0 gak ada masalah sama pairing & SQ nya, kmungkinan besar memang Dongle BT yg gak compactible..apa dah cb pairing via BT di laptop karena selama ane pakai dimana pun, baik itu via PC BT dongle / BT internal laptop,XB950BT ane selalu bagus kok Sound nya. Dah cek driver soundcard buad PC nya? mgkin harus di seting ulang..Kalau untuk bluetooth dongle gak ada merk tertentu yg recomended,BT versi 4.0 biasanya relatif sama aja asal headsetnya dah DLNA.

      coba di compare dl di lain PC tp dengan dongle yg sama, jika suara masih gak maksimal ada kmungkinan Dongle nya, namun jika berbeda..maka bisa jadi Driver Soundcard/setingan sound nya kudu di oprek..

      IMHO

      Delete