21 May 2012

Strategi Marketing Suzuki Bener² Semakin Ketinggalan Bangetzzz

Well jika membahas produsen motor jepang yang satu ini emang gak banyak kata yang bisa gw pilih buad ngegambarin kondisi pabrikan yang lagi terpuruk ini. Ya, Suzuki dari taon ke taon penjualan dan imagenya semakin menurun..Entah karena salah urus atw salah strategi pemasarannya di Indonesia yang kurang pas, karena terbukti mereka jualan pun kurang moncer dan kurang di terima masyarakat Indonesia pada umumnya.



Selera bangsa kita memang unik dan terkesan pasaran, mengapa gw blg bgtu?? Jika boleh di bilang, karakter masyarakat indo itu terbilang Latah dan kurang melek informasi di sekitar, di mulai dari gadget, pakean, kebutuhan, dan pemilihan kendaraan. Ya permasalahannya di situ tadi, karena kurangnya informasi mengenai value suatu barang jadinya masyarakat kita itu udah melekat dengan tradisi yang namanya barang Branded dan Sering di gunakanan itu  = BAGUS..pdhal klo boleh jujur, kaga semua koq.,makanya gw brani bilang klo orang Indonesia itu agak latah dalam menentukan dan memilih sesuatu, padahal apa yang mereka punya belum tentu sesuai kebutuhan dan fungsinya, well kembali ke pribadi masing2 orang juga, “selama itu duit lw ya itu hak lw “



Sekarang kita kembali lagi bahas tentang Suzuki, sebenernya bole di bilang produk motor jepang yang satu ini gak kalah koq jika di bandingkan sama competitor sebelah,.Karena bisa di bilang tiap pabrikan motor punya inovasi dan keunikan serta kelebihan tersendiri pada produk2nya. Tapi yang itu td gw blg di atas, orang kita itu emg sifatnya Latah, gak maw objektif nilai sesuatu, dan lebih suka menilai sesuatu itu dari “KATANYA” padahal jika mereka mau Open Mind, pasti komentny bakalan beda.

Dan memang virus “KATANYA” sudah terdoktrin sempurna di kalangan masyarkat kita jika mendengar produk motor Suzuki, sehingga image Suzuki sendiri dari tahun ke tahun semakin menurun dan hal itu berimbas terhadap penjualan motornya juga, di tambah lagi team marketing Suzuki sendiri terlihat kurang ada gregetnya, mereka terlihat hanya setengah hati dalam menjalankan strategi marketingnya. Hal itu bisa dilihat dari kurangnya promosi dan iklan motor Suzuki baik di media cetak, elektronik dan yang sekarang lagi ngetrend adalah berpromosi di dunia maya. Hal ini kontras sekali dengan 2 kompetitor lainya, mereka menyerang media cetak dan elektronik gila2an, mereka juga berani menggandeng Blogger2 kenamaan dan gak segan2 merangkul mereka dalam suatu event dan acara non resmi yang mereka adakan, lalu apa yang di lakukan Suzuki?? Mereka semakin jauh ketinggalan..jadi bisa di bilang team marketing Suzuki itu benar2 ketinggalan di semua lini pemasaran



Padahal jikalau kitanya mau melek, produk Suzuki itu selalu penuh inovasi dan mempunyai cirikhas,.klo bagi gw produk Suzuki itu Kencang dan Awet, tapi saying makin kesini modelnya makin Out Of Dated dan makin gak banget karakter motornya, jika ada yang bisa di bilang bagus secara desain..maka hal itu pantas di sematkan pada produk Suzuki yang paling laris yakni Satria FU150, tapi sampe kapan Suzuki bisa bertumpu hanya pada satu jagoan saja?? Lama2 orang jg bakalan jengah, karena marketshare FU sndiri bisa di bilang mempunyai sisi positif yang ngacir sendirian dalam penjualan di kelas bebek sport tetapi mempunyai kelemahan di segmen yang terbatas. Hal ini gak sehat jika terus di pertahankan, Suzuki bisa ambrol jika penjualan di sector lain gak segera di benahin..

Well gw aja sebagai pemilik motor Suzuki udah pesimis bgt sm strategi pemasaran neh brand, tp gw cm berharap yang terbaik aja buad niy pabrikan..hayo Suzuki bangkit dunk jangan mao ketinggalan

Ciaooo

No comments:

Post a Comment