1 September 2016

Tips Menjaga Makanan Tetap Fresh Dengan Vacuum Sealer

Penyimpanan Bahan Makanan Dengan Vacuum Sealer


Selain 4 sehat lima sempurna makanan dan minuman yang fresh juga menjadi keharusan, apa lagi jika itu untuk keluaraga. Para ibu rumah tangga pasti sangat memikirkan betapa pentingnya hal tersebut. Namun, banyak juga yang bingung bagaimana cara menjaga makanan dan minuman yang tersisa tetap fresh agar dapat dikonsumsi lagi besoknya. Maka dari itu kami akan berbagi tips-tips apa saja yang bisa ibu-ibu lakukan untuk menjaga makanan dan minuman tetap fresh.
 


1.       Buah dan sayuran masing-masing digabung sesuai dengan jenisnya
Buah dan sayuran akan mengeluarkan berbagai gas berbeda, maka dari itu penting sekali untuk dipisahkan demi memperlambat kebusukan. Buah biasanya disajikan hanya selama 3 hari selebih dari 3 hari buah harus dimasukan kulkas agar tetap segar. Sedangkan sayur biarpun dimasukan ke dalam kulkas, namun tetap saja cepat layu. Jadi disarankan tidak menyimpannya terlalu lama maksimal 3 hari.
2.       Pisahkan daging dan ikan dengan bahan makanan lain
Jangan gabungkan bahan makanan yang berbau menyengat dengan yang lain, contohnya ikan. Jangan satukan ikan dengan yang lain karena ini akan mempengaruhi aroma dari bahan lain tersebut. Kalau tempat penyimpanannya ingin disamakan pastikan untuk meletakan kedua bahan tersebut di frezer dan dibungkus rapat.
3.       Simpan makanan kering di toples atau plastik zipper
Makanan kering yang dibiarkan terkena oksigen begitu saja pasti tidak akan renyah lagi. Maka dari itu makanan kering sebaiknya simpan ke dalam toples atau plastic zipper agar dapat dinikmati di kemudian hari.
4.       Gunakan plastik vakum
Selain pembungkus biasa, Anda juga dapat menggunakan plastic vakum untuk membungkus bahan makanan agar kualitasnya tetap terjaga. Kenapa plastic vakum? Karena dengan menggunakan plastic vakum dapat memperlambat proses pembusukan bahan makanan berkat penyedotan oksigen dari dalam plastik.
5.       Menyimpan minuman susu
Bila Anda suka sekali membeli susu dalam kemasan kardus, lebih baik pindahkan isinya tersebut ke dalam wadah perpenutup atau botol. Hal ini dapat membantu susu lebih tahan lama dan rasanya tetap terjaga.

Pada umumnya, penyimpanan bahan makanan dengan Vacuum Sealer perlu diperhatikan, salah-salah akan membahayakan keluaraga jika bahan makanan yang terkontaminasi tersebut dikonsumsi. Wadah pembukus sebelum disimpan ke dalam kulkas pun tidak boleh asal. Ciptakan hidup yang sehat dengan kualitas makanan yang sehat pula. Oke ibu-ibu?

No comments:

Post a Comment