4 August 2015

Belajar Teknik Dasar Mesin Bubut, Cukup Sulit Bro!

Mesin bubut – Yang namanya mesin bubut bisa dibilang salah satu jenis mesin manufaktur yang sangat rumit baik dari segi bentuk hingga ke pengoperasian. Hal ini di sebabkan karena banyaknya komponen di dalam mesin bubut yang tak semua orang bisa memaksimalkannya dengan cukup lihai. Mesin bubut sendiri bisa dibilang salah satu mesin besar yang sering di gunakan dalam pengolahan barang-barang keras / besi menjadi barang mekanika seperti spare parts, perkakas, mesin kecil,dll. Oleh karenanya pengoperasian mesin bubut memang tak bisa di penteng sebelah mata dan sembarangan. Perlu orang yang cukup ahli dan mahir dalam mengoperasikan sebuah mesin bubut, baik secara teori, teknis hingga prakteknya semua di lakukan secara hitung-hitungan yang matang

Well sekarang kita coba pelajari yuk bagaimana cara mengoperasikan mesin bubut dengan langkah sederhana secara cepat dan tepat. Sekarang kita coba belajar membubut alur pada plat besi menggunakan sebuah pahat potong dalam pengerjaan benda keras.

Pahat potong merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah Mesin bubut, pahat potong biasanya di gunakan untuk menyayat benda kerja secara vertikan terhadap sumbu spindel..arah pemakanannya sendiri hanya maju dan mundur, jadi bisa dibilang pahat ini tak bisa untuk menyayat bagian samping dari benda kerja. Dalam melakukan penyayatan, pahat potong harus terpasang tegak lurus terhadap sumbu benda kerja. Hal ini dimaksudkan agar benda kerja bisa tersayat sempurna di bagian poros. Ketika pahat di potong makan harus lebih tinggi dari pusat material, alat pemotong sendiri harus di autr untuk sedikit lebih rendah dari pusat putaran.

Selanjutnya adalah membuat O-Ring, O-ring sendiri adalah salah satu perangkat segel / sealent yang banyak di gunakan dalam industri tabung cairan / gas. Membuat oring sendiri bisa dibilang tak terlalu sulit jika di bandingkan dengan langkah menyayat dengan mesin bubut. Namun tingkat kesulitan membuat perangkat Oring biasanya di tentukan dari besar kecilnya diameter dan alur yang kita tentukan.

Nah bisa dilihat bukan, bahwa mengoperasikan Mesin bubut bisa dibilang di butuhkan ketelitian, perhitungan dan skill yang tinggi. Karena jika ente sampai salah dalam mengoperasikan sebuah mesin bubut, maka bisa dibilang kesalahan tersebut tak akan bisa di perbaiki lagi.

No comments:

Post a Comment