18 November 2014

Kenali Bahaya Pada Plastik Kemasan Yang Biasa Ente Beli!



plastik vacuum – Menggunakan bahan plastik untuk mengemas suatu makanan merupakan hal yang biasa dalam kehidupan kita sehari-hari, penggunaannya sendiri sangat bervariasi lho..Mulai dari mengemas makanan mentah, bahan makanan hingga ke makanan matang. Plastik sendiri bisa di kategorikan kedalam beberapa jenis seperti PVC, Styrofoam, Polikarbonat dan Melamin. Kesemuanya tersebut tentu saja ada pro kontranya juga. Contoh saja plastik PVC yang tipis dan jernih ternyata mengandung logam berat timbah, ester ftalat, dan Vinyl Klorida monomer. Bahan-bahan ini bisa dibilang muerpakan karsinogen kelas 1 yang bisa menyebabkan kanker pada tubuh manusia



Adapun plastik kemasan lain yang tak kalah membahayakan adalah kemasan plastik kantong kresek, mengapa? Plastik kresek sendiri merupakan hasil daru ulang dari beragam plastik bekas yang tidak di ketahui dari mana bahan pembuatannya, bisa jadi bahan uama kantong kresek berasal dari wadah pestisida, limbah rumah sakit, limbah logam berat,dan bahan plastik daur ulang lain yang berbahaya. Oleh karena itu untuk menghindari bahaya langsung dari kantong kresek maka tidak di anjurkan kantong kresek di jadikan pembugkus utama (primer) pada makanan. Selain plastik kantong kresek, hal yang paling tak kalah penting dan berbahaya adalah penggunaan kemasan kertas pembungkus, kemasan seperti ini bisa dibilang cukup berbahaya juga apabila ente tidak jeli melihatnya. Pernah ente melihat kertas koran yang di jadikan pembungkus?? Nah kertas koran bekas tersebut tentunya mengandung zat lain seperti zat tinta untuk mencetak tulisan. Nah hal tersebut dapat berbahaya apabila tinta pada kertas koran tersebut bereaksi langsung pada minyak dan air, lalu masuk kedalam mulut ente.

Sebenarnya di luar sana masih banyak bahan kemasan lain yang aman untuk ente perhatikan dan gunakan, sebut saja plastik vacuum berbahan nylon, lalu yang bermaterialkan keramik atau gelas, dan berbagai jenis plastik yang telah lolos uji balai kesehatan dengan simbol gelas dan garpu pada permukaannya (Food Grade). Kesemua itu bisa ente hindari sedari dini jika ente sadar akan kemasan apa yang ente gunakan dan dapatkan.

Berdasarkan SK Kepala Badan POM tentang Bahan Kemasan Pangan No. HK.00.05.55..6497, plastik pembungkus bahan pangan dibedakan menjadi tujuh jenis dan penggunaannya harus disesuaikan dengan bahan pangan yang akan dikemas. Ada tujuh jenis plastik yang diizinkan sebagai kemasan bahan pangan yaitu polyethylene terephthalate (PET), high density polyethylene (HDPE), polyvinyl chloride (PVC), low density polyethylene (LDPE), poli propilen, polistiren dan plastik lainnya.

Sumber : BPOM

No comments:

Post a Comment