4 December 2014

Elevenia Gak Profesional, Proses Instalment Kartu Kredit Gagal (Lagi)




Singkat kata kakak ane sedang mencari Handphone Asus Zenfone 6 di internet, akhirnya kakak ane nyasar ke hal Elevenia broh..alhasil dia tertarik dengan harga yang ditawarkan karena harga yang di tawarkan elevenia merupakan harga yang termurah dari semua toko online yang menjual Asus Zen6 saat itu. Akhirnya kakak ane tertarik lah buat beli 1, lah ane meminjamkan kartu kredit ane (CIMB Niaga) untuk di gunakan sebaga metode pembayaran yang tersedia, sebenernya ane udah cukup aware sebelum melakukan pembayaran ini...terlebih lagi jika berkaca pada kasus yang terdahulu (baca disini : Elevenia Mengecewakan) ane bner-bner worrie, dalem ati mikir apa system mereka udah bagus dan berbeda dengan yang dulu pernah ane belanja disana. Oke lah berangkat dari niat baik dan terpaksa nolongin sodara akhirnya di lakukan payment menggunakan kartu kredit ane, ane pilih pembayaran dengan Kartu Kredit CIMB Niaga melalui Instalment 6bulan 0%..systemnya memang bisa dibilang berbeda dengan yang dulu, jika dulu proses instalment di lakukan melalui form khusus yang di kirimkan ke email, nah kali ini permohonan instalmentnya langsung menggunakan fitur yang tersedia di onpage payment elevenia itu sendiri. Jadinya kekhawatiran anepun sedikit berkurang. Setelah beberapa menit melakukan pembayaran pun semuanya lancar dan sukses..setelah menunggu 2 hari kerja maka paket Hanpdhone Asus Zen6 pun datang ke rumah..betapa girangnya kakak ane..



Berkaca dari kasus terdahulu, Bbrp hari kemudian ane coba cek proses instalment ane ke pihak bank, ternyata benar saja kekhawatiran yang ane rasain broh..lagi-lagi pihak bank mengkonfirmasi bahwa semenjak transaksi (payment Elevenia) berhasil di lakukan tetapi sayangnya dalam bentuk Full Payment..Gilaaaa bner-bner nge’Hela napas dalem in imah, secara kalao udah kek gini biasanya bakal panjang urusannya kek yang udah-udah. Dengan rasa tenang ane coba konfirmasi ulang ke pihak elevenia, ane critain lagi kronologinya secara lengkap mulai dari proses order, pembayaran dan proses instalment ane critain secara gambalang..


Dan saat itu sang CS pun berjanji bahwa akan segera memfolow up masalah ini dan mengabarkan secepatnya kepada ane apapun hasilnya. Setelah menunggu beberapa hari akhirnya ane sendiri yang bergerak mencari kabar dan solusinya., karena sepertinya elevenia sendiri moh memberi kabar kelanjutannya...Setelah bicara panjang lebar dengan sang CS via telpon, point penting yang ane dapet bahwa:
Cicilan 6bln 0% yang ane dapet akan berlaku pada saat bulan kedua alias cicilan ke dua, untuk cicilan di bulan pertama tetap di bayarkan sesuai dengan cicilan 6x yang telah di berlakukan. Nah intinya Ane di suru melakukan pembayaran instalment menurut ketentuan cicilan yang di setujui..contoh :
  • ·     Harga handphone :  2.627.400 ( dibulatkan jadi 2.628.000) di bagi 6 (jumlah cicilan) = 438.000 per bulan
  • ·         Biaya Materai : 3000 (pembayaran materai hanya di awal) 




Jadi dari rumus di atas di dapatkan tagihan bulanan ane perbulan untuk pembayaran Asus Zen6 yang ane beli adalah 438rb + 3rb = 441rb ( Fix 438/bln).  Sebenarnya ane agak ragu, karena di billing statement ane yang keluar adalah full payment dari total harga Hp tersebut.. tapi saat itu pihak elevenia kekeuh bahwa ane cukup membayarkan saja cicilan pertamanya sebesar 441rb (termasuk materai)..mereka menjamin dengan pede bahwa di bulan kedua billing statement ane nanti bakal berubah, dan tagihan Hp Asus tersebut akan sendirinya menagihkan cicilan ke dua sesuai dengan jumlah yang harus di bayar setiap bulannya (438rb). Ane pun gak terlalu percaya begitu saja, karena tidak ada jaminan hitam di atas putih dari pihak elevenia, tetapi mereka bersikeras apabila instalment ane gagal di bulan kedua, sebagai kompensasinya mereka akan mengganti seluruh biaya denda / bunga yang di tagihkan kepada ane kelak...Hufft sebenarnya ane gak sreg sama yang mereka janjiakan, tetapi kepalang tanggung...daripada ane harus bayar fullpayment..maka ane bayarlah cicilan pertama hp asus tersebut tanpa sedikitpun curiga...karena elevenia emang berhasil ngeyakinin ane dengan janji bahwa di bulan kedua smuanya bakal normal seperti tagihan biasa.


And finally tagihan di bulan kedua pun kluar, and u know lha bro..lagi-lagi karena ketidak profesionalan elevenia dalam hal Transaksi Online..hasilnya tagihan ane di bulan kedua tetap di tagihkan full paymentttttttttt...jadi pembayaran pertama yang ane bayar kemarin oleh pihak bank di anggap sebagai pembayaran minimum! Dan status transaksi elevenia yang ane lakuin tetap “Full Payment”, jadi sekarang ane kena sisa pembayaran + bunga + denda kayaknya...Walah, makin panjang! Benar-benar ngetest kesabaran ane...yawd mau gak mau berurusan lagi dengan CS elevenia, dan udah pasti tau lah klo CS elevenia itu pelayanannya selevel dengan hansip komplek, di tanya ke si A, bsok si B beda lagi penjelasannya, Besok si C lebih beda lagi omongannya..WTF, ane sendiri males nuntut panjang lebar..cape banget bro, di simak aja isi emailnya...dan hingga saat ini blom ada solusi apapun.,di kabarin pun Gak!...


Terlepas dari kesalahan sistem or apalah itu, bisa dibilang disini pihak elevenia benar-benar kurang profesional untuk masalah pembayaran via CC dan berulang kali di kasus yang sama, seolah team finance mereka kurang tanggap dan terkesan setengah hati untuk memfolow up apa yang sudah di bayarkan oleh konsumen. Ane sebagai orang yang berkecimpung di dunia Ecommerce sendiri (ane SEO) sudah paham betul seluk beluk dunia belanja online, baik itu SOP nya, sistemnya hingga ke bagian Komplain nya sendiri. Tetapi untuk hal yang satu ini, elevenia masih tertinggal jauh di belakang jika di banding dengan Lazada, Tokopedia ataupun blibli..Jadi bukannya ane sengaja jatoh ke “lubang” yang sama, dalam hal ini ane Cuma mau lihat dan mencoba apakah “Lubang”yang mereka buat dulu itu udah di tambel apa belom...klo gak karena sodara ane yang lagi butuh, ane mah OGAH blanja di sini lagi..Kuapok!


Ternyata janji perbaikan kualitas dan sistem hanyalah OMONG KOSONG
Perbaikan kualitas Customer Service pun Cuma OMONG KOSONG
Janji Complain Di Tanggapi Dengan Cepat OMONG KOSONG
Kesimpulannya Belanja di Elevenia OMONG KOSONG


*Masup Blacklist Lagi Niy Web Ecommerce Amatiran

No comments:

Post a Comment