19 October 2017

Tips Trik dan Resep Cara Membuat Roti Sobek Yang Enak



Mixer roti


Roti Sobek? Siapa yang tak kenal dengan roti jenis ini?? Roti sobek mempunyai bentuk yan cukup ikonik, yakni seperti balok / persegi panjang berukuran kecil..Atau lebih detailnya hampir seperti batu bata yang di tumpuk. Nah yang lucu itu adalah penamaan rotinya, yakni Roti Sobek. Mengapa dinamakan seperti itu? Konon katanya cara untuk menikmati roti sobek yang benar adalah dengan cara membelah / roti ini menjadi beberapa bagian. Membelah roti sobek ini sendiri gak menggunakan alat potong lho, cukup dengan kedua tangan.




Roti sobek sendiri bisa dibilang hampir mirip seperti dengan roti manis. Hanya saja pada roti sobek teksturnya terbilang kasar, padat serta agak keras. Roti sobek biasanya terdiri atas beberapa rasa, yakni Keju,Coklat,Nanas, Strawberi,dll. Varian rasa tersebut ada di dalam bagian roti itu sendiri, bukan di bagian luar lho ya seperti pada roti manis umumny.
Roti sobek juga mempunyai ukuran yang bisa dibilang mirip roti tawar, oleh karenanya roti ini mempunyai rentan harga yang hampir mirip. Nah apakah sekarang anda tertarik untuk mencoba membuat kreasi roti sobek sendiri di rumah? Mudah kok, berikut cara pembuatan serta resep yang sudah saya sediakan :
Bahan:
  • 1 kuning telur
  • 50 gr margarin
  • 2 sdk teh fermipan
  • 27 gr susu bubuk
  • coklat dan keju untuk isian
  • 400 gr tepung cakra atau segitiga biru
  • 20 grm gula pasir
  • Air es secukupnya
Cara Membuat Roti Sobek
  1. Campur terigu, fermipan, susu bubuk dan gula pasir aduk rata dengan menggunakan mixer roti
  2. Kemudian tuang kuning telur aduk rata.
  3. Lalu tuang air es sedikit demi sedikit sambil ulenin setengah kalis.
  4. Lalu masukan margarin ulenin hingga benar-benar kalis dan diamkan kurang lebih 30 menit hingga mengembang.
  5. Lalu kempiskan adonan dan isi adonan lalu diamkan kembali hingga mengembang.
  6. Setengah mengembang oles atas roti dengan kuning telur yang dicampur dengan sedikit margarin leleh kemudian oven hingga matang kurang lebih 15-20 menit.
Mudah bukan? Resep di atas merupakan resep roti sobek untuk kelas rumahan. Jika anda ingin memproduksi roti sobek untuk kepentingan komersial alias jualan. Maka di sarankan bagi anda mempunyai beberapa jenis tools / mesin yang bisa di gunakan untuk menunjang bisnis anda. Beberapa jenis tools / mesin roti modern yang hars di miliki seperti Mixer Roti otomatis,Proofer Roti,Oven Roti dan yang terakhir Pemotong Roti

Alat-alat tersebut di bandrol dengan harga yang bervariasi, jika anda memang berniat dan focus untuk mencari pundi-pundi rupa di biang roti dan pastry..maka di sarankan untuk membelinya

 

No comments:

Post a Comment