4 April 2017

Perlu Mesin Kemasan Khusus Untuk Mengemas Zat Cair



 Mesin Kemasan


Mesin Kemasan - Cairan merupakan salah satu dari sekian banyak Zat yang cukup sulit di kemas. Seperti yang kita ketahui, cairan merupakan bahan yang sangat mudah berubah bentuk dan mempunyai sifat menempati ruang. Oleh karenanya jika anda mengemas benda cair ke dalam suatu wadah / ruang, anda harus benar-benar paham betul dari sifat kemasan yang di gunakan.


 Jika anda mempunyai hasil produksi dengan zat cair, anda harus jeli dalam memilih jenis kemasan yang akan di gunakan. Pada umumnya kemaasn yang di gunakan untuk menyimpan benda cair mempunyai ciri yang mudah di kenali. Kemasan cair pada umumnya mempunyai tekstur yang halus dan licin, hal ini di pilih karena cairan di percaya akan tidak mudah menempel pada dinding kemasan. Hal tersebut di lakukan agar pada saat isi cairan di keluarkan / di pindahkan, volume atau isi kemasan tidak berkurang.

Selanjutnya kemasan haruslah bersifat fleksibel, seperti yang kita ketahui di atas. Kemasan selalu menempati ruang, oleh karenanya jika kemasan tersebut fleksibel maka zat cair tersebut akan lebih mudah beradaptasi dengan bentuk kemasan, dalam hal ini sangat di anjurkan mengenai material Plastik Kemasan. Hal ini tentu cukup menguntungkan, karena anda tidak membutuhkan kemasan dengan material yang mempunyai ketebalan tinggi. Dengan begitu anda bisa menghemat biaya / cost untuk memproduksi plastik kemasan anda sendiri.

Di bawah ini beberapa aturan dasar yang harus diikuti saat anda hendak mengemas produk cairan adalah;
  • kemasan cairan harus mudah digunakan
  • melindungi zat cair seperti susu, untuk daya tahannya melalui penggunaan lapisan aluminium atau metalized
  • informasi nutrisi harus jelas terpampang di kemasan
  • kemasa fleksibel harus mampu melindungi isi dari proses kontaminasi
  • kemasan harus aman digunakan
  • kemasan harus tidak dapat menghantarkan noda atau bau dari produk yang dikemas
Sebagai pilihan, anda bisa memiliki plastik kemasan cair yang mempunyai keunggulan material seperti LLDPE, BOPP, dan PPE, PE, dan MET yang telah terbukti dapat aman bagi produk. Jika anda sudah menentukan jenis kemasan yang tepat, sekarang anda tinggal mencari mesin kemasan profesional yang sesuai dengan fungsi yang anda butuhkan.

Ya untuk mengemas zat cair, anda membutuhkan mesin kemasan Sealer. Mengapa harus menggunakan metode sealer? Metode ini di percaya memang lebih kuat, dan membuat kerapatan plastik lebih optimal di karenakan metode sealing di lakukan dengan proses pemanasan elemen.

Ada beberapa jenis Mesin Kemasan Plastik Sealer yang bisa anda dapatkan sesuai dengan kebutuhan anda dalam mengemas cairan. Contoh :

  • Cup Sealer : adalah mesin pengemas gelas plastik  dengan metode pressing dan sealer, cup sealer kini sering kali digunakan oleh para pedagang minuman modern di zaman sekarang. Alasannya sederhana, karena tutup cup kovensional lebih sering mengalami kebocoran ketika dibawa atau dijinjing oleh pembelinya.
  • Hand Sealer : Adalah salah satu jenis Mesin Press Plastik yang biasanya digunakan untuk berbagai kebutuhan, hand sealer juga bisa untuk mengemas kemasan plastik yang berisi cairan. Hanya saja untuk hasil yang lebih optimal, anda membutuhkan 2-3 kali proses sealer untuk mencegah kebocoran
  • Mesin Capping : Adalah mesin pengemas tutup botol, mesin kemasan ini termasuk dalam mesin kemas zat cair karena secara eksplisit mampu menjaga isi kemasan botol yang berisi air agar tetap steril, bersih dan tidak mudah tumpah
  • Mesin Induksi : Sama seperti dengan mesin capping, mesin induksi adalah mesin segel alumunium foil pada tutup botol. Biasa di gunakan untuk kebutuhan botol obat, tujuannya agar zat cair di dalam botol tidak tumpah dan lebih bersih
  • Continuous Sealer : adalah mesin kemasan segel plastik yang mempunyai cara kerja mirip dengan hand sealer. Hanya saja pada Continuous sealer proses pengerjaan bisa di kerjakan secara cepat karena sistemnya berkelanjutan tanpa jeda waktu
  • Mesin Filling : merupakan mesin pengisi air ke dalam gelas kemasan, mesin ini sendiri di lengkapi dengan fitur untuk mengemas gelas kemasan dengan metode sealer.

Nah bagaiamana, yang manakan mesin kemasan minuman cairan yang sesuai dengan kebutuhan anda?

No comments:

Post a Comment