2 December 2015

Cara Menggunakan Hand Sealer Dengan Mudah


Pada dasarnya membungkus makanan dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu cara lama menggunakan api dan lilin, dan cara kedua yang lebih modern dengan menggunakan hand sealer atau yang biasa disebut alat press. Kedua cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk menentukan cara mana yang akan ente pakai, ente harus melihat terlebih dahulu apa kebutuhan ente. Apakah ente akan membungkus makanan dalam jumlah produksi yang besar atau sedikit. Berikut cara membungkus makanan dengan cara lama, dan menggunakan alat press.
Cara lama yang menggunakan api dan lilin dapat dilakukan dengan mudah. Pertama nyalakan lilin. Lalu pegang plastik yang ingin ente rekatkan, dekatkan plastik tersebut ke arah api hingga panas api merekatkannya. Ingat, saat merekatkan plastik menggunakan cara lama, jangan sampai plastik menyentuh api karena hal tersebut akan membuat plastik terbakar. Jadi yang dimanfaatkan disini hanyalah panas apinya saja, bukan apinya. Kelebihan cara ini adalah alatnya sederhana sehingga mudah ditemukan dimana saja, bahkan di warung sekitar rumah ente. Selain itu harganya yang murah dan ekonomis tidak membutuhkan modal yang besar. Dibalik kelebihan itu, cara lama juga memiliki kekurangan yaitu tidak bisa dilakukan di sembarang tempat. Selain itu resiko gagal juga besar karena terkadang plastik menerima panas yang terlalu banyak sehingga plastik justru akan bolong dan malah membuat makanan tidak renyah lagi.
Jika ente ingin membungkus makanan dengan cara yang lebih praktis, ente bisa menggunakan alat hand sealer atau alat press. Cara menggunakan alat press yaitu ente hanya tinggal menjepit plastik yang ingin ente rekatkan dengan alat press yang sudah panas, lalu plastik pun akan merekat dan kedap udara sehingga makanan yang ada didalamnya awet dan renyah. Kelebihan dari alat press ini yaitu bisa menghemat waktu pengerjaan serta penggunaannya yang dapat dilakukan dimana saja. Apalagi jika ente menggunakan hand sealer mini yang hanya sebesar tangan ente, hal tersebut memungkinkan ente dapat dengan mudah melakukan kegiatan membungkus makanan dimana saja. Sayangnya untuk memiliki alat press tersebut, ente harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Tetapi jika ente memang membuka industri makanan atau memang membutuhkan alat press ini dirumah, maka tidak ada salahnya untuk membeli alat press yang memudahkan pekerjaan ente ini karena harga penjualan setara dengan kemudahan yang akan ente dapatkan.
Itulah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki cara membungkus makanan menggunakan cara lama, atau menggunakan hand sealer. Pilihan untuk menggunakannya kembali lagi kepada ente. Sesuainkanlah dengan modal dan kebutuhan ente. Tidak masalah jika ente menginginkan cara lama ataupun menggunakan alat press.

No comments:

Post a Comment