9 November 2015

Mesin Bakso Pembuat Adonan Bakso


Mesin bakso adalah sebuah mesin yang dirancang khusus untuk membuat pentolan daging. Mesin semacam ini sudah banyak sekali di pasaran dan menjadi primadona di kelasnya. Salah satu penyebab populernya mesin ini tentu saja dikarenakan peminatnya yang sangat banyak. Bakso adalah makanan yang menjamur dimana-mana. Tidak mengherankan jika ada banyak sekali penjual bakso yang ingin memproduksi bakso yang lebih berkualitas dengan membuatnya menggunakan mesin khusus pembuat bakso. Memang rasa bakso lah yang menjadi penentu kualitas suatu bakso. Akan tetapi, dengan adanya mesin khusus yang membuat bakso, nantinya hasil bakso yang ada diharapkan bisa sama sehingga kualitas bakso secara umumnya menjadi lebih baik. Tidak mengenakkan bukan jika kita sedang makan bakso kemudian kita mencicipi bakso teman kita d rasanya berbeda denga bakso yang kita makan padahal makannya di warung bakso yang sama?

Berbicara mengenai rasa bakso, kita tentu tidak bisa melewatkan adonan bakso. Adonan bakso memegang peranan penting sebab adonan bakso yang menentukan kekenyalan dan rasa dari bakso itu sendiri. Pada proses pembuatan adonan secara manual, adonan kanji dan daging giling akan dicampur dengan bumbu yang telah disiapkan dan diaduk secara terus-menerus agar menghasilkan hasil yang sama di semua bagian adonan bakso. Jika ente menggunakan mesin bakso yang dirancang khusus untuk membuat adonan bakso, maka bisa dipastkan jika ente akan mendapatkan adonan yang lebih sempurna. Hal ini dikarenakan proses utama dari pembuatan adonan bakso adalah pengadukan atau pencampuran. Proses ini tentu saja akan lebih baik jika mesin yang melakukannya, bukan?
Dengan menggunakan mesin bakso khusus pembuat adonan, adonan ente akan tercampur sempurna beserta dengan bumbu-bumbu yang ada. Cara penggunaan mesin ini pun mudah sekali, sama dengan cara penggunaan mixer. ente hanya perlu memasukkan kanji, daging giling, dan bumbu-bumbu yang ada ke dalam mangkuk besar yang ada pada mesin pembuat adonan bakso ini. Setelah itu ente tinggal pencet tombol on untuk memulai proses pengadukan adonan bakso. Mudah, bukan? Pada beberapa versi, ada yang dilengkapi dengan pisau didalamnya untuk memotong-motong daging juga. Namun tentu akan lebih efektif jika daging yang akan ente campurkan sudah dalam keadaan halus atau sudah digiling terlebih dahulu.
Ada beberapa variasi dari mesin pembuat adonan bakso ini. Variasi-variasi tersebut dibedakan menurut kapasitasnya. Model dan prinsip kerja mesinnya sama.
  1. Untuk ukuran kecil, kapasitas adonan yang bisa diaduk atau dicampur adalah 3 kg setiap prosesnya
  2. Untuk ukuran agak besar, adonan yang bisa diaduk atau dicampur adalah 7 kg setiap prosesnya
Untuk harga Mesin bakso ini berkisar antara 3 hingga 5 juta rupiah.  Dengan mengetahui kapasitas tiap mesinnya, ente diharapkan bisa memperkirakan rasio daging giling dan kanji yang diperlukan untuk setiap prosesnya.

No comments:

Post a Comment